2008: Operasi Bersih Ciliwung

Aksi Bersih Ciliwung

Sumber: http://www.anakui.com/ 22 July 2008 

Sungai Ciliwung merupakan simbol sosial, budaya dan politik dari masyarakat ibukota DKI Jakarta. Sebagai bagian yang tak dapat terpisahkan dari kehidupan masyarakat DKI, sungai ciliwung memiliki peran yang sangat signifikan. Sayangnya, kondisi sungai ciliwung kian hari kian tak terawat. Kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan, khususnya sungai ciliwung makin terkikis dan bahkan hilang. Akibatnya, sungai yang dahulu menjadi sumber kehidupan, kini berbalik menjadi sumber malapetaka. Begitu sering kita mendengar di layar televisi, banjir besar melanda daerah-daerah di pinggiran sungai ciliwung. Terkadang rutin, namun tak jarang pula datang tanpa pemberitahuan. Kondisi ini tak boleh dibiarkan. Sebagai bagian dari masyarakat yang dilalui aliran sungai ciliwung, sudah seharusnya kita tak hanya diam. Diam tak akan cukup untuk membuat sebuah perubahan, kita harus lantang berbicara! Namun, bicara saja pun masih belum lengkap untuk mencipta suatu perbaikan, kita harus angkat kaki dan berani mengambil tindakan…

Kami persembahkan Mars Ciliwung untuk Para Mahasiswa

Kepada para mahasiswa,
Yang cinta k’pada lingkungan
Kepada masyarakat terlantar,
Di sepanjang bantaran sungai….

Kepada penerus perjuangan
Yang hendak menggoreskan
Sebuah catatan kemuliaan
Di lembar sejarah manusia

Wahai kalian yang peduli lingkungan
Wahai kalian yang b’rani berkorban
Dengan mengerahkan tenaga dan pikiran,
Untuk Ciliwung Tercinta…

UNDANGAN TERBUKA

Kepada para mahasiswa yang katanya peduli lingkungan
Kepada para mahasiswa yang katanya tak hanya bisa bicara
Kepada para mahasiswa yang katanya berani take action!

OPERASI BERSIH CILIWUNG
Ahad, 27 Juli 2008

Turut dihadiri oleh :
Pemda DKI (Walikota Jaktim, Dinas PU dan Dinas Kebersihan)
LSM Lingkungan
Selebriti
Taruna Siaga Bencana (Tagana) Departemen Sosial

Pendaftaran :

DAFTAR<spasi>Nama<spasi>Jenis Kelamin<spasi>Email<spasi>Asal Universitas

Contoh : DAFTAR tomi pria tomi@gmail.com UI

sms ke 081808407886

Peserta TERBATAS, hanya untuk 300 orang!!

Segera daftar dan jadikan diri anda bagian dari perubahan!!

Update Operasi Bersih Ciliwung

Sumber: http://www.anakui.com/25 July 2008  Kotor Ciliwungku,  Kumuh CiliwungkuBanjir ibu kotaku Muramlah wajah negeriku

Kotor, dan kotor adalah wajah Ciliwung dari waktu ke waktu. Sungai yang mengalir di nadi ibu kota ini senantiasa memunculkan permasalahan tahunan yang tak kunjung terselesaikan. Ciliwung selalu menghadiahkan kado duka di awal tahun dengan luapan airnya.

Keprihatinan terhadap keberadaan Ciliwung menggerakkan Relawan Tanggap Bencana (RTB) Beastudi Etos menggalang massa untuk melakukan Operasi Bersih (Opsi) Ciliwung. Operasi Bersih Ciliwung akan melibatkan 500 peserta yang berasal dari etoser (penerima Beastudi Etos Dompet Dhuafa Republika) dari sebelas perguruan tinggi negeri, TAGANA (Taruna Siaga Bencana) Departemen Sosial, Indonesia Care Connection (ICC), Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Republika, LSM Lingkungan, selebriti, serta mahasiswa pecinta alam se-Jabodetabek.

Ceremonial pembukaan Operasi Bersih Ciliwung akan diadakan pada hari Minggu (27/7) jam 08.00 di Jembatan Kalibata Jakarta Timur. Pembukaan akan dilaksanakan oleh Gubernur DKI yang diwakili Walikota Jakarta Timur. Opsi meliputi pembersihan sungai Ciliwung sepanjang area Tanjung Barat sampai dengan Kampung Melayu. Area tersebut akan dibagi menjadi enam spot yaitu Gedong (wilayah Tanjung Barat), Kayu Manis (daerah Condet), Munggang (daerah Condet Raya), Jembatan Kalibata, Jembatan Carrefour MT Haryono, Jembatan Kampung Melayu.

Kegiatan utama Opsi adalah membersihkan aliran sungai Ciliwung dengan perahu karet, membersihkan tanggul sungai, penempelan stiker peduli lingkungan di rumah-rumah warga sekitar Ciliwung, dan survey tentang hubungan timbal balik Ciliwung dan warga sekitar.

Menurut Bambang Suherman (Koordinator Nasional Beastudi Etos), Opsi adalah momentum awal “Gerakan Nasional Cinta Lingkungan” yang dicanangkan oleh Beastudi Etos. “RTB adalah komunitas mahasiswa yang siap berkarya menjadi relawan dan mitra pemerhati lingkungan dalam menjalankan program-programnya. Keberadaan mereka yang tersebar dari Sumatra hingga Sulawesi membangkitkan semangat positif bahwa Beastudi Etos bisa berkontribusi aktif menyelamatkan Indonesia dari kerusakan dan kepunahan alamnya”

Kami persembahkan Mars Ciliwung :

Kepada para mahasiswa, Yang cinta k’pada lingkungan Kepada masyarakat terlantar, Di sepanjang bantaran sungai….

Kepada penerus perjuangan Yang hendak menggoreskan Sebuah catatan kemuliaan Di lembar sejarah manusia

Wahai kalian yang peduli lingkungan Wahai kalian yang b’rani berkorban Dengan mengerahkan tenaga dan pikiran, Untuk Ciliwung Tercinta…

UNDANGAN TERBUKA

Kepada para mahasiswa yang katanya peduli lingkungan Kepada para mahasiswa yang katanya tak hanya bisa bicara Kepada para mahasiswa yang katanya berani take action!

Turut dihadiri oleh : Pemda DKI (Walikota Jaktim, Dinas PU dan Dinas Kebersihan) LSM Lingkungan Selebriti Taruna Siaga Bencana (Tagana) Departemen Sosial

Pendaftaran :

DAFTAR<spasi>Nama<spasi>Jenis Kelamin<spasi>Email<spasi>Asal Universitas

Contoh : DAFTAR tomi pria tomi@gmail.com UI

sms ke 081808407886

Peserta TERBATAS, hanya untuk 300 orang!!

Segera daftar dan jadikan diri anda bagian dari perubahan!!

Jadwal Kegiatan

07.00 – 08.00 Registrasi Peserta

08.00 – 09.05 Pembukaan, Sambutan dan Penampilan Seni

09.05 – 09.15 Peresmian Operasi Bersih Ciliwung oleh Presiden Direktur Dompet Dhuafa dan Gubernur DKI Jakarta (diwakili oleh Walikota Jakarta Timur)

09.15 – 09.55 Penyebaran massa Operasi Bersih Ciliwung

09.55 – 13.00 Operasi Bersih Ciliwung

13.00 – 13.30 Lunch, sharing dan Penutupan

Teknis Pelaksanaan Opsi

Peserta Operasi Bersih Ciliwung akan dibagi ke dalam 4 tim :

  • Tim Air, bertugas membersihkan sampah di sepanjang aliran sungai ciliwung dengan menggunakan perahu karet dan trash bag.
  • Tim Darat, bertugas membersihkan sampah di beberapa titik pada bantaran (pinggiran) sungai ciliwung yang memiliki intensitas akumulasi sampah paling besar.
  • Tim Survey, bertugas melakukan wawancara kepada masyarakat terkait dengan kondisi lingkungan di daerah aliran sungai ciliwung, serta menyebarkan stiker kepada masyarakat.
  • Tim Logistik, bertugas mengakomodasi kebutuhan konsumsi dan medis di masing-masing spot selama kegiatan berlangsung.

Pembagian Spot Opsi

Operasi Bersih Ciliwung akan dilakukan secara serentak di 6 spot yang membentang dari Tanjung Barat hingga Kampung Melayu.

info lebih lanjut di http://tens2008.co.cc

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: