2010: Selamatkan Sungai & DAS Ciliwung

Bebersih Sungai Ciliwung (Baladkuring feat. TGC & Others)

Sumber:  http://tgcfahutanipb.wordpress.com/ 25 June 2010 

Sejalan dengan tema kegiatan Baladkuring 2010 “Selamatkan Sungai dan Daerah Aliran Sungai”, Baladkuring mengajak untuk berpartisipasi dalam kegiatan Bebersih Sungai Ciliwung yang akan diselenggarakan di Kabupaten Bogor pada tanggal 29 Juni 2010 mendatang. Selain membersihkan sungai dari sampah anorganik, akan diadakan berbagai kegiatan lain untuk mengedukasi masyarakat sekitar, di antaranya pengenalan kegiatan Bio-Monitoring, Deklarasi Forum Lingkungan Bogor, dan pemberian penghargaan bagi penggiat lingkungan di Jawa Barat. Tak lupa, akan ada juga kegiatan hiburan.

Acara ini diselenggarakan dengan menggandeng beberapa komunitas lingkungan di Bogor, di antaranya: Tree Grower Community, Komunitas Peduli Ciliwung, Rimbauan Muda Indonesia, Green Earth, Printing Community, dan Lawalata IPB. Kegiatan ini diselenggarakan bekerja sama dengan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Jawa Barat, Pemkab Bogor, dan Dinas terkait.

Mari sukseskan acara ini, untuk sungai yang lebih baik di Jawa Barat!

Undangan Baladkuring

Gerakan Masyarakat Jawa Barat Untuk Lingkungan yang Bersih dan Sehat

Download file: Undangan_Komunitas  

Press Release Kegiatan Balad Kuring Kab. Bogor 

Sumber:  http://www.bplhdjabar.go.id/ 29 June 2010 

Tema Hari Lingkungan Hidup Nasional pada tahun 2010 adalah “Keanekaragaman Hayati Masa Depan Bumi Kita”, sedangkan untuk Jawa Barat di seluruh kabupaten dan kota se-Jawa Barat akan dilaksanakan Kampanye Lingkungan Baladkuring dengan tema “Selamatkan Sungai dan DAS di Jawa Barat!”, mengingat bahwa Daerah Aliran Sungai merupakan habitat dari keanekaragaman hayati.

Baladkuring identik dengan perubahan perilaku. Dengan demikian, perlu didahului dengan Building Image (publikasi, himbauan/media) dan diharapkan semua elemen melakukan kegiatan lingkungan yang dilaksanakan secara terus menerus pada bulan Juni.

Baladkuring

“Suatu SEMANGAT gerakan masyarakat Jawa Barat yang bersifat menyeluruh, terkoordinasi, dan muncul dari kesadaran untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat secara berkelanjutan”

Kegiatan “Selamatkan Sungai dan DAS Ciliwung” di Kabupaten Bogor

Lokasi evaluasi dan apresiasi dari bulan Lingkungan Hidup ini direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2010 di sungai Ciliwung Jalan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor. Kegiatan ini bertujuan untuk menjadi momentum penyadaran bagi elemen masyarakat, komunitas, pemerintah, dan swasta untuk lebih memperhatikan isu kebersihan sungai serta untuk menciptakan kondisi lingkungan yang lebih baik melalui sebuah gerakan yang konkrit dengan semangat Baladkuring.

Kegiatan ini disusun sebagai bentuk partisipasi aktif seluruh stakeholders yang terkait lingkungan, diantaranya pemerintah (dalam hal ini BPLHD Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Bogor dan Dinas- dinas terkait), komunitas peduli lingkungan di Bogor, dan masyarakat. Semua partisipasi tersebut tergabung dalam semangat gerakan Baladkuring.

Bentuk kegiatannya terdiri dari:

1. Kegiatan membersihkan sampah anorganik dari sungai

2. Edukasi tentang bio-indikator monitoring bagi anak-anak dan remaja

3. Pembagian bibit dan penanaman pohon

4. Pemberian penghargaan bagi para penyelamat/penggiat lingkungan

5. Pembacaan dan pemberian petisi dari siswa kepada Gubernur dan Menteri Lingkungan Hidup

6. Pencanangan Budaya Hijau Jawa Barat

Penggalangan Keterlibatan Masyarakat

1. Ajakan dan undangan kepada seluruh elemen masyarakat untuk turut serta dalam aksi bersih-bersih sungai sebagai bentuk kegiatan peduli lingkungan yang akan dipusatkan pada Sungai Ciliwung Kabupaten Bogor

2. Ajakan untuk selalu menjaga kelestarian sungai dan daerah aliran sungai, diawali dengan momentum  kegiatan ini dan diharapkan akan menjadi budaya seluruh masyarakat.

Penutup

Sebuah usaha untuk membuat kualitas lingkungan menjadi lebih baik (bersih dan sehat) merupakan amalan terindah, karena setiap perjuangan kita akan bisa dinikmati oleh setiap orang. Untuk itu, bila setiap orang juga melakukan hal yang serupa dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat artinya dia turut serta menyelamatkan dirinya dan orang-orang yang dia cintai.

Dengarkan, Ajarkan, Wujudkan

Report Baladkuring 29 Jun 2010

Sumber: http://tgcfahutanipb.wordpress.com/ 30 June 2010 

Rangkaian acara dimulai dengan kegiatan bio monitoring Sungai Ciliwung oleh sekelompok siswa SMP. Bio monitoring ini mengungkapkan kondisi Sungai Ciliwung yang sudah tercemar. Pencemaran ini salah satunya bisa dibuktikan dengan bau kurang sedap dan warna keruh aliran air sungai serta banyaknya sampah plasik yang bertebaran di sempadan dan badan sungai. Oleh karena itu, untuk menyelamatkan kondisi sungai yang semakin tercemar ini, diadakan beberesih sampah an-organik di sempadan dan badan Sungai Ciliwung. Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman 100 bibit mahoni (Swietenia macrophylla) di DAS Ciliwung.

Kegiatan ini berlangsung meriah dengan kehadiran Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf yang terjun langsung mengikuti acara beberesih dan penanaman. Dalam sambutannya, Dede Yusuf mengungkapkan bahwa Kabupaten Bogor merupakan kota dengan penduduk terbesar. Penduduknya mencapai 4,7 juta penduduk. Namun, pertanyaan terbesar yang muncul yakni “Apakah ke 4,7 juta penduduk tersebut telah konsen terhadap lingkungan?”.

Dede Yusuf mengimbuhkan bahwa Balad Kuring berasal dari kata balad yang berarti teman dan kuring yang berarti kita. Oleh karena itu, dalam penjagaan lingkungan harus disertai dengan kerja sama dari semua pihak, terutama masyarakat sekitar. Dede Yusuf berharap Sungai Ciliwung bersih dan tidak dijadikan tempat pembuangan sampah namun dijadikan Front Door sehingga bisa dijadikan River View yang menjadi pusat kegiatan generasi muda. Hal serupa diungkapkan oleh Puteri Indonesia Lingkungan 2009 Zukhriatul Hafizah. Wanita yang akrab dipanggil Fiza ini berharap DAS Ciliwung nantinya bisa dijadikan sebagai objek wisata.

Setelah keberlangsungan acara ini diharapkan perwujudan keberlanjutannya sehingga Ciliwung bisa terselamatkan. Hal terpenting dari penyelamatan lingkungan ini adalah sentuhan tangan dan kesadaran dari seluruh komponen masyarakat untuk menyelamatkan lingkungan.

 

 

 

Foto-foto lainnya 

Harapan Anak Bangsa terhadap Sungai

Catatan singkat perayaan Selamatkan Sungai dan DAS Ciliwung 2010

Pengirim Sandika Ariansyah  

Sumber:   http://tjiliwoeng.blogspot.com/08 Juli 2010  

Seremonial.

Itulah kesan yang pernama kali ditangkap oleh kawan’s komunitas. Meskipun begitu, perayaan “Selamatkan Sungai dan DAS Ciliwung 2010” sukses dilakukan karena banyak dihadiri oleh peserta dari berbagai dinas dan instansi pemerintah, masyarakat, pelajar dan mahasiswa serta komunitas peduli lingkungan di Bogor dan sekitarnya. Selain itu acara tersebut dimeriahkan oleh Dede Yusup (Wagub Jabar), Terre (anggota DPR RI) dan Miss Indonesia serta pejabat pemerintah lainnya. Acara ini diusung oleh Baladkuring dan BPLHD (Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Daerah) Bandung berkolaborasi dengan komunitas peduli lingkungan hidup di Kota Bogor dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni.

Rangkaian program acara tersebut diantaranya;

1. Pemberian penghargaan kepada individu maupun organisasi yang sudah berkontribusi dalam upaya penyelamatan lingkungan hidup.
2. Pembacaan Petisi oleh siswa sekolah.
3. Aksi mulung sampah di Sungai Ciliwung.
4. Biomonitoring kualitas air sungai + presentasi.
5. Penanaman Pohon disekitar bantaran Sungai Ciliwung.
Kegiatan ini dipusatkan di Cibinong, tepatnya di Kantor PDAM Kab. Bogor. Peserta yag hadir diperkirakan mencapai 500 orang, mereka datang untuk memeriahkan acara tersebut.

Pesan Moral

Meskipun hanya sekedar seremonial, tetapi tidak menghilangkan pesan moral yang disampaikan. Melalui acara ini segenap harapan tertuang dalam sebuah PETISI yang disampaikan oleh generasi penerus bangsa dihadapan para pejabat tinggi pemerintahan.


Petisi ini merupakan bentuk ungkapan jiwa dan sebuah harapan agar bumi beserta isinya tetap terjaga keberadaan dan kelestariannya sehingga bisa dinikmati mereka dikemudian hari. Pesan moral ini disampaikan kepada seluruh masyarakat khususnya pemerintah Jawa Barat agar terus berupaya secara bersama melestarikan lingkungan tempat kita hidup.

“MARI KITA BERBUAT WALAUPUN HANYA SEDIKIT, KARENA ITU JAUH LEBIH BAIK DARI PADA TIDAK SAMA SEKALI”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: