2011: Festival Ciliwung

Pasar Baru Gelar Festival Ciliwung

Sumber: http://www.pelitaonline.com/  29 Desember 2011 

Sebuah kegiatan bersuluk Festival Ciliwung akan digelar Sabtu (31/12) nanti di kawasan Pasar Baru. Meski puncak festival baru akan terjadi Sabtu, namun rangkaian kegiatan festival ini sudah mulai digelar Jum’at lusa dengan diawali kerja bhakti massal membersihkan Kali Ciliwung. ‘’Apel kerja bhakti ini akan dipimpin langsung oleh Walikota (Jakarta Pusat),’’ kata Agus Ramdhani, Lurah Pasar Baru.

Sekitar seribu orang akan turun ke Kali Ciliwung yang berlokasi di Jalan Antara, Pasar Baru. Mereka terdiri dari dari RT, RW, LMK, Karang Taruna, PKK, FKDM, Komunitas Pencinta Ciliwung Pasar Baru, anggota Kostrad, Koramil Sawah Besar, Polsek Sawah Besar, Ormas, Satpol PP, Damkar, Taruna Siaga Bencana dan unsur masyarakat lainnya. ‘’Diperkirakan jumlah mereka yang kerja bhakti sekitar seribu orang,’’ kata Agus. Panjang kali yang akan dibersihkan sekitar 2.500 meter, lebar 24 meter dengan kedalaman 3 meter. ‘’Kerja bhakti akan dimulai pukul 08.30,’’ tambah Agus.

Festival Ciliwung bertujuan untuk mewujudkan mimpi bersama masyarakat Jakarta yang dimotori oleh Jakarta Glue bersama KPC (komunitas Pecinta Ciliwung) dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengangkat potensi sungai Ciliwung sebagai objek lokasi wisata dengan ke aneka ragaman potensi masing-masing wilayah. Sedangkan Pasar Baru adalah bagian dari sejarah tak terpisahkan dengan pusat belanja pertokoan pasar baru yang merupakan ikon pusat belanja internasional di wilayah DKI Jakarta dan merupakan pusat perbelanjaan tertua di Indonesia. Oleh karena itu, ‘’kami mencoba untuk melaksanakan berbagai kegiatan baik di situs sungai Ciliwung maupun lokasi sekitarnya (jl antara) yang di harapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat tentang sungai Ciliwung,’’ tutur Agus

Menurut Agus, berbagai acara akan digelar dalam rangkaian festival ini. Diantaranya, Lomba mewarnai antar TK/PAUD sekecamatan Sawah Besar yang diselenggarakan oleh HIMPAUDI Kecamatan Sawah Besar berlokasi dipanggung utama. Khusus kaum ibu dan anak yang tidak bisa turun ke sungai akan diselenggarakan acara atraksi sulap dan dongeng tentang kebersihan lingkungan yang dilakukan oleh asosiasi cleaning service dan toilet indonesia berlokasi dipanggung utama acara dilanjutkan oleh tarian tradisional oleh Juara Lomba tari SD se Jakarta Pusat. Acara kemudian dilanjutkan Hand Hygiene Dancing yaitu senam dan berjoget sambil mengikuti gerakan mencuci tangan yang baik dan benar, yang akan diikuti oleh anak-anak dan ibu-ibu yang berlokasi dipanggung utama, penampilan juara festival band se Jajarta Pusat Tahun 201m penampilan juara pesta seni pelajar dan juara penyanyi keroncong 2011, Lomba Balap Perahu yang akan diikuti oleh Kecamatan se Jakarta Pusat Lomba Perahu Hias, sekaligus Fashion show on the river oleh abang none jakarta pusat di atas perahu hias.

Puncak acara (31/12) festival diadakan mulai pukul 18.30 dengan diawali penampilan Orkes Gambus Al Hasaniah dan Hadroh al Fanan, parade Pencak Silat/Rampag Kendang, Tarian selamat datang Karsa Gotong. perfromance band “The Professor”, penampilan Gambang Kromong Andi Mamid, Rita Hamzah dan Linda, penampilan juara penyanyi Gambang Kromong 2011, penampilan Lawak Betawi Jalus Group (Mastur cs) yang selanjutnya diteruskan dengan acara pergantian tahun yang ditandai dengan pesta kembang api.@ syahran rasuni.

Pemkot Jakpus Gelar Festival Ciliwung Indah

Sumber:http://poskota.co.id/ 29 Desember 2011 

JAKARTA (Pos Kota)- Untuk memeriahkan datangnya tahun baru, Pemkot Jakpus berencana menggelar festival Ciliwung Indah. kegiatan yang dipusatkan di Cliwung Pasar Baru, Jakpus tersebut akan berlangsung sehari penuh pada 31 Desember 2011 hingga tengah malam.

Sekko Jakpus Endjang Abdullah menjelaskan beberapa kegiatan sudah disiapkan untuk memeriahkan festival Ciliwung Indah. Diantaranya aksi kebersihan sepanjang Kali Ciliwung dari Masjid Istiqlal hingga Ciliwung Gunung Sahari yang merupakan perbatasan wilayah dengan Jakarta Utara.

“Ribuan orang akan terlibat dalam aksi kebersihan ini. Mulai dari aparat, masyarakat, tokoh masyarakat, LSM hingga pelajar,” ujar Sekko Endjang Abdullah, Rabu (28/12).

Aksi kebersihan akan digelar sejak pagi hingga jam 12 siang. Lalu dilanjutkan dengan lomba balap perahu yang diikuti semua perwakilan dari kecamatan dan kelurahan. “Kita juga menyiapkan lomba perahu hias yang akan diarak di kali Ciliwung,” tambah Endjang.

Rangkaian kegiatan festival Cliwung Indah akan ditutup dengan panggung rakyat di Jalan Antara. berbagai jenis hiburan mulai dari lenong hingga musik dangdut akan tampil di panggung rakyat ini.

Endjang berharap Festival Ciliwung Indah yang baru pertama kali digelar tersebut, bisa memecah konsentrasi massa pada malam pergantian tahun. “Biasanya orang pada ke Monas, dengan adanya festival Ciliwung Indah, kami harapkan sebagian akan ke acara ini,” tukas Endjang.

Dalam waktu yang sama, Pemkot Jakpus juga melakukan aksi kebersihan di badan Kali Ciliwung di Menteng Tenggulun dan Kali Sentiong di Johar Baru. “Jadi bersih iya, meriah juga iya,” pungkas Sekko. (inung/sir)

Camat Sawah Besar Ajak Tahun Baruan di Ciliwung

Sumber: http://www.tempo.co/  31 Desember 2011

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo (kiri) melambaikan tangan sebelum menyusuri Sungai Ciliwung pada acara Festival Ciliwung di aliran Sungai Ciliwung di kawasan Kramat Jati, Jakarta, Sabtu (31/12). ANTARA/Widodo S

TEMPO.CO, Jakarta – Camat Sawah Besar Marsigit mengundang masyarakat agar ikut merayakan malam pergantian tahun di Kali Ciliwung, di Jalan Antara, Pasar Baru, Jakarta Pusat. “Nanti malam ada pesta kembang api di sini,” ujar Marsigit saat ditemui Tempo, Sabtu, 31 Desember 2011.

Selama ini massa merayakan tahun baru di Monas, Jakarta Pusat, dan Ancol, Jakarta Utara.

Marsigit yang berada di Ciliwung bersama jajaran aparat pemerintahan di tingkat kecamatan serta kelurahan berharap agar beban Ancol dan Monas malam nanti bisa dikurangi.

Di Jalan Antara, masyakat bisa menyaksikan berbagai hiburan sejak pagi hingga tengah malam nanti. Ini pertama kali dilakukan. Acara dimulai dengan kerja bakti massal yang diikuti oleh masyarakat dengan bantuan TNI dan Polri. Untuk meramaikan festival itu, Marsigit mengundang lima kelurahan. Di pagi hari, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Fauzi Bowo, dengan didampingi Wali Kota Jakarta Pusat Saefullah, sempat datang untuk meninjau kegiatan yang berlangsung.

“Harapan saya, warga tergugah untuk selalu menjaga kebersihan dan keindahan Kali Ciliwung.”

Hingga saat ini masyarakat masih berkerumun di sekitar panggung untuk menikmati hiburan seperti musik marawis. Beberapa orang naik perahu hias. Kegiatan dilanjutkan dengan lomba dayung serta lomba perahu hias. Demi hajatan ini, Jalan Antara ditutup sementara.
MARIA YUNIAR

Festival Ciliwung

Sumber: http://www.antaranews.com/ 31 Desember 2011

Festival Ciliwung

Sejumlah pelajar, anggota TNI dan LSM membersihkan sungai Ciliwung menggunakan rakit dan perahu karet saat Festival Ciliwung di aliran Sungai Ciliwung di kawasan Pasar Baru, Jakarta, Sabtu (31/12). Festival Ciliwung yang diisi berbagai kegiatan seperti membersihkan sungai tersebut diikuti oleh aparat, masyarakat, tokoh masyarakat, LSM hingga pelajar dan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat tentang sungai Ciliwung. (FOTO ANTARA/Zabur Karuru)

Festival Ciliwung – Save Ciliwung 

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/31 Desember 2011

Sejumlah perwakilan Putra dan Putri Bahari DKI Jakarta melakukan aksi bersih-bersih Kali Ciliwung di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat, Sabtu (31/12). Aksi tersebut dilakukan dalam rangka bagian dari acara Festival Ciliwung-Save Ciliwung yang serentak dilakukan di sepanjang Kali Ciliwung dari Bogor hingga Pasar Baru untuk mengembalikan fungsi dan keindahan Ciliwung yang sejak jaman Belanda dijadikan aliran air percontohan karena bersih dan indah.   MI/ROMMY PUJIANTO/pj

Festival Ciliwung Sudah Digelar

Sumber: http://www.klikunic.com/31 Desember 2011

Festival Ciliwung “Satu Hari yang Indah di Sepanjang Ciliwung” digelar di Jalan Antara, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Sabtu (31/12). Festival ini menarik perhatian warga.

Festival ini diramaikan berbagai acara, salah satunya adalah hiburan perahu karet. Anes Saputra/detikcom.

Pengunjung antre naik perahu. Anes Saputra/detikcom.

Festival Ciliwung “Satu Hari yang Indah di Sepanjang Ciliwung” di akhir tahun. Anes Saputra/detikcom.

Lomba Dayung di Kali Ciliwung

Sumber: http://www.tempo.co/ 31 Desember 2011 

TEMPO.CO, Jakarta – Empat kecamatan di Jakarta Pusat serta lima kelurahan di wilayah Sawah Besar mengikuti lomba dayung perahu, sore ini, di Kali Ciliwung, Pasar Baru. “Lomba ini bertujuan untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa Kali Ciliwung itu bisa menjadi potensi wisata,” kata Lurah Pasar Baru Agus Ramdani saat bertemu dengan Tempo pada Sabtu, 31 Desember 2011. Ia yakin Kali Ciliwung mampu diolah agar memberikan manfaat jika semua pihak memberikan komitmen.

Empat kecamatan peserta lomba adalah Kecamatan Sawah Besar, Gambir, Kemayoran, dan Cempaka Putih. Sedangkan kelurahan yang menjadi peserta adalah Pasar Baru, Gunung Sahari Utara, Mangga Dua Selatan, Kartini, dan Karang Anyar. “Kami akan mencari pemenang berdasarkan waktu,” ujar ketua tim juri lomba dayung perahu Uha Suhari. Jarak yang harus ditempuh para peserta adalah dua kali seratus meter. Jembatan utama Pasar Baru pun menjadi batas jarak seratus meter pertama, sebelum peserta harus memutar perahu karet yang mereka tumpangi untuk menempuh jarak sisanya.

Para peserta kesulitan saat mencapai jembatan dan harus memutar balik perahu. “Kami menyediakan hadiah liburan ke Singapura, ongkos sendiri!” kata Uha dengan mikrofon, untuk menyemangati para peserta. Warga pun terbahak-bahak mendengar Uha berkelakar. Sebagai hadiah, tim yang keluar menjadi pemenang akan membawa pulang piala tetap dari Wali Kota Jakarta Pusat Saefullah.

Tiga regu keluar sebagai pemenang. Kecamatan Cempaka Putih menjadi pemenang pertama dengan perolehan waktu dua menit dan dua puluh detik. Disusul Kelurahan Mangga Dua Selatan dan Kecamatan Gambir menjadi pemenang ketiga.

“Menang kalah itu biasa, yang terpenting adalah ikut peduli,” kata Beni Sabeni, salah satu anggota regu dari Kecamatan Gambir. Menurut Beni, acara hari ini sangat meriah dan harus dilanjutkan. Meski lelah, Beni bangga bisa ikut terjun langsung juga dalam kegiatan kerja bakti massal di pagi hari. Sudah tidak ada sampah yang mengapung pada saat perlombaan berlangsung, meski Kali Ciliwung masih berwarna keruh. MARIA YUNIAR

Warga Pasar Baru, Gubernur dan Walikota Saefulah Punguti Sampah Kali Ciliwung

 Sumber:  http://www.pelitaonline.com/ 02 Januari 2012 

Jakarta, Pelita
Warga Pasar Baru bersama Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dan Walikota Jakarta Pusat H Saefullah melakukan aksi bersih Kali Ciliwung di Kawasan Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Walaupun diguyur hujan pelaksanaan aksi bersih Kali Ciliwung berjalan lancar.

Dengan gerakan sosial satu hari yang indah di sepanjang Kali Ciliwung, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Walikota Jakarta Pusat H.Saefullah dan warga memunguti sampah-sampah plastik yang terdapat di sepanjang Kali Ciliwung dengan menggunakan jaring bekas kipas angin.

Menurut Fauzi Bowo, Kali Ciliwung merupakan ciri khas Kota Jakarta, dulu kali Ciliwung airnya sangat bening sehingga bisa digunakan untuk mandi, namun sekarang Kali Ciliwung airnya kotor dikarenakan rendahnya kesadaran masyarakat yang membuang sampah ke Kali Ciliwung dan menjadikam kali Ciliwung kotor dan airnya tidak bening lagi
Untuk mengembalikan Kali Ciliwung seperti dahulu, kata fauzi Bowo, membutuhkan peran serta masyarakat Jakarta untuk menjaga kelastarian lingkungan Kali Ciliwung dengan cara tidak membuang sampah di kali. Ia mengharapkan dengan kegiatan Festival Ciliwung dengan kegiatan melaksanakan aksi bersih Kali Ciliwung, perilaku masyarakat dapat berubah dan sadar. “Jangan ada lagi masyarakat yang membuang sampah di Kali Ciliwung,” katanya.

Menurut dia, warga juga bisa menikmati bila Kali Ciliwung bersih. Untuk itu, tambahnya, kegiatan tersebut jangan hanya sampai disini saja tetapi harus terus dilakukan serta dipelihara agar Kali Ciliwung tetap bagus dan bersih seperti dahulu. Pada kesempatan tersebut Fauzi Bowo memberikan bantuan perbaikan rumah tidak layak huni, camera handycam, alat-alat musik, seperangkat olahraga untuk warga Pasar Baru.

Sementara Walikota Jakarta Pusat H Saefullah mengatakan, menyambut tahun baru 2012 Pemkot Jakarta Pusat melaksanakan Festival Ciliwung diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya aksi bersih Kali Ciliwung, kuliner khas Betawi, lomba mewarnai, lomba perahu, hiburan oleh artis ibukota, dan sebagainya.

Untuk aksi bersih kali di Jakarta Pusat dilakukan di tiga titik yaitu di Kali Sentiong Johar Baru, Kali Ciliwulung Menteng Tenggulun, dan Kali Ciliwung Pasar Baru dengan melibatkan 1.500 personel terdiri dari anggota TNI, Polri, Pramuka, Karang Taruna, PMI, Forkabi dan tokoh masyarakat serta warga. (kim)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: