2011: Kampanye Kali Bersih IV

Minggu, Kampanye Stop Nyampah di Kali Ciliwung 

Sumber: http://www.108csr.com/ 16 juni 2011

108CSR.com – Lagi, kampanye kali bersih dengan tema ‘Stop Nyampah di Kali akan digelar. Kegiatan dalam bentuk aksi dan lomba pungut sampah plastik dengan perahu karet ini bakal diselenggarakan di Kali Ciliwung, kawasan Halimun, pada Minggu besok (19/6). Bahkan direncanakan, Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo juga akan hadir di acara tersebut.

Sedangkan kegiatan itu akan diikuti warga dari 76 kelurahan dan 20 kecamatan yang dilintasi Sungai Ciliwung, serta partisipasi dari berbagai dunia usaha yang telah mengambil bagian melalui program Corporate Social Responsibility (CSR)-nya dalam pengelolaan bantaran sungai Ciliwung selama tahun 2009 hingga saat ini. “Dalam acara ini juga akan memperlihatkan keberhasilan penutupan titik – titik sampah ilegal yang berhasil dilakukan oleh Walikota, Camat, Lurah, serta warga pada tahun 2011 ini. Dihaparkan, seluruh warga Jakarta juga dapat berpartisipasi dalam acara ini dengan mengikuti lomba pungut sampah plastik dengan perahu,” kata Kepala BPLHD Pemprov DKI Jakarta, Peni Susanti.(jek)

BPLHD Akan Berikan 73 Penghargaan & Bersihkan Kali Ciliwung

Sumber: http://www.javanewsonline.com/ 17 Juni 2011 

Jakarta, Javanewsonline.com, 17/06/2011 – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup 2011 dengan tema ‘Hutan Penyangga Kehiupan’, dan sekaligus ulang tahun Jakarta ke-484 dengan tema ‘Jakarta Kita, Kian Tertata Kian Dicinta’ ini, Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) akan membagikan 73 penghargaan di bidang lingkungan.

Selain itu ada juga kegiatan bersih-bersih kali Ciliwung yang berpusat di dermaga Transportasi Air (Waterway) Halimun, Manggarai, Jakarta Selatan.

Kepala BPLHD Pemprov DKI Jakarta, Peni Susanti, mengatakan, BPLHD akan mengadakan pemberian penghargaan pemerintah DKI Jakarta di bidang pengelolaan lingkungan hidup di tahun 2011 kepada 73 perusahaan, organisasi kemasyarakatan, maupun lembaga swadaya masyarakat yang perduli dengan pengelolaan lingkungan hidup. Penghargaan tersebut akan dilaksanakan, Jumat 17 Juni 2011 hari ini malam di Balaikota, Jakarta.

Berbagai penghargaan yang akan diserahkan diantaranya penghargaan mengelola lingkungan terbaik, penghargaan pelaksanaan kawasan dilarang merokok, penghargaan Jakarta green and clean, penghargaan pembuatan resapan air tahun 2011, penghargaan penggunaan kantong plastik ramah lingkungan.

“Selain itu, kita juga akan menyebutkan daerah mana atau instansi mana yang tidak melaksanakan kaidah lingkungan hidup. Misalnya, daerah yang tidak menerapkan kawasan dilarang merokok, termasuk penandatanganan Surat Pernyataan (SUPER) Pengelolaan Lingkungan Hidup yang akan diberikan serta disaksikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Bapak Prijanto,” kata Peni di kantor Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Jakarta, Jalan Casablanca, Jakarta Selatan.

Selanjutnya, kata Peni, akan diadakan acara yaitu kampanye kali bersih dengan tema ‘Stop Nyampah di Kali yang ke-4 tahun 2011 ini.

Kegiatan dalam bentuk aksi dan lomba pungut sampah plastik dengan perahu karet ini bakal diselenggarakan di Kali Ciliwung, kawasan Halimun, pada Minggu 19 Juni 2011 nanti. Bahkan direncanakan, Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo juga akan hadir di acara tersebut.

Kegiatan itu akan diikuti warga dari 76 kelurahan dan 20 kecamatan yang dilintasi Sungai Ciliwung, serta partisipasi dari berbagai dunia usaha yang telah mengambil bagian melalui program Corporate Social Responsibility (CSR)-nya dalam pengelolaan bantaran sungai Ciliwung selama tahun 2009 hingga saat ini.

“Dalam acara ini juga akan memperlihatkan keberhasilan penutupan titik-titik sampah ilegal yang berhasil dilakukan oleh Walikota, Camat, Lurah, serta warga pada tahun 2011 ini. Dihaparkan, komunitas wartawan juga dapat berpartisipasi dalam acara ini dengan mengikuti lomba pungut sampah plastik dengan perahu,” kata Peni sembari mengajak wartawan ikut berpartisipasi. (Jack)

Dunia Usaha Dukung Program CSR Stop Nyampah di Kali

Sumber: 18 Juni 2011

JAKARTA, M86 – Tak bisa dipungkiri kesadaran masyarakat masih sangat rendah terhadap lingkungan, sehingga tak jarang membuang sampah ke kali, termasuk kali Ciliwung. Tentu saja kondisi ini membuat sejumlah dunia usaha swasta bergerak memiliki tanggungjawab sosial atau corporate social responsibility (CSR) untuk menanganin hal tersebut dengan mendukung program Stop Nyampah di Kali yang diselenggarakan di Kali Ciliwung, bertempat di Kantor Sekretariat Gerakan Ciliwung Bersih (GCB, Jalan Penjernihan 1, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Sejumlah dunia usaha yang sudah terpanggil sejak tahun 2009 lalu ikut peduli mengatasi sampah di sepanjang Kali Ciliwung dengan memberikan edukasi membangun kesadaran masyarakat ikut serta mengambil bagian dalam mengelola bantaran Kali Ciliwung agar selalu bersih. Selain itu, juga memberikan pembinaan serta bantuan alat untuk mengelola sampah dengan pola 3 R yaitu Reduce, Reuse, Recyle sehingga tidak lagi membuang sampahnya kali maupun bantaran kali.

Seperti yang sudah dilakukan PT. Astra Internasional Tbk, dengan melibatkan 52 perusahaan grup-nya mendukung kegiatan Stop Nyampah di Kali ini dengan memberikan bantuan berupa edukasi serta pembinaan konservasi tanaman langka di Balai Kambang, Condet, Jakarta Timur. Selain itu di kawasan Pejaten Timur dan Kebon Baru Tebet juga akan ada pengelolaan sampah serta bantuan gerobak sampah.

“Kami juga akan menanam pohon di kawasan Condet sekaligus pembibitan tanaman pohon langka asli Jakarta. Begitu juga pembinaan pada warga untuk mengelola sampah menjadi kompos maupun biji plastik nantinya dapat menambah perekonomian masyarakat,” kata Rahmat Kurniawan, Environment Social Responsibility (ESR) Devision PT. Astra International Tbk, di sela-sela acara bersih-bersih sampah di Kali Ciliwung ini.

Hal serupa juga diungkapkan Deva Rachman, National Corporate Affairs Manager PT. Coca Cola Amatil Indonesia. Ia mengatakan, sebagai rangkaian kegiatan cinta dan peduli lingkungan, produsen dan distributor minuman Coca Cola Amatil Indonesia terus mendukung kampanye Stop Nyampah di Kali. “Dalam kegiatan ini, kami ikut bersih-bersih Kali Ciliwung bersama masyarakat, menanam mangrove, serta kegiatan pelatihan mengelola lahan kosong dan sampah di lokasi Coca Cola Waterways Education Centre (CWEC) ,” katanya.

Ia menjelaskan, CWEC ini dibentuk di area Menteng Tenggulun tepatnya kawasan bantaran Kali Ciliwung yang menjadi pusat kegiatan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memperbaiki dan menjaga lingkungan sungai. Selain itu juga mengajak masyarakat mengelola dan memanfaatkan sampah rumah tangga melalui pembuatan pupuk kompos dan pembuatan produk-produk dari daur ulang kertas.

“Tahun ini, kami menambah program pendampingan dan pelatihan untuk memanfaatkan lahan bantaran sungai dengan pertanian sederhana. Masyarakat bersemangat sekali dan sudah berhasil panen beberapa jenis sayuran,” jelasnya.

Tak kalah dukungan yang juga diberikan PT. Bank Danamon Indonesia, mendukung kegiatan Stop Nyampah di Kali dengan memberikan bantuan 5 unit tong sampah bagi warga yang tinggal di bantaran Kali Ciliwung, alat biopori sebanyak 30 unit, gerobak sampah sebanyak 2 unit, dan tanam pohon 1000 pohon di bantaran Kali Ciliwung. “Kegiatan CSR kami di bidang lingkungan sudah ke-6 kalinya setelah dilakukan diantaranya di Depok, Bogor, Bekasi, Serang, Tanggerang Selatan, dan Jakarta. Diharapkan bermanfaat dan terus berkelanjutan,” jelas Sigit Harry Poernomo, Regional Semm Head Jakarta, PT. Bank Danamon Indonesia.

Adapun badan usaha yang turut mendukung program Stop Nyampah di Kali ini diantaranya PT. Coca Cola Amatil Indonesia, PT. Pertamina Tbk, PT. Astra Honda Motor, PT. Astra International Tbk, PT. Century Textile Industry, PT. Blue Bird, PT. Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk, PT. JIEP, PT. Bank Danamon Indonesia, RS. Pondok Indah, PT. Aetra, PT. Sinar Ancol, PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk, PT. Miwon, dan PT. Citra Marga Nusaphala Persada (CNMP). (red/*108csr)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: