Syahran Rasuni

Ingat Ciliwung, Ingat Instruksi Nomor 54 

Oleh: Syahran Rasuni

 Sumber:  http://www.pelitaonline.com/

Menutup tahun 2011, Gubernur Provinsi DKI Jakarta  melakukan aksi Bersih-bersih Kali Ciliwung. Didampingi Sekda Fajar Panjaitan dan Aspem Sylviana Murni serta sejumlah pejabat lainnya, selama satu hari penuh (31/12) Gubernur Fauzi Bowo bergerak dari Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Di Jakarta Pusat sendiri, gubernur singgah di Pasar Baru, Sawah Besar, di mana Festival Ciliwung dipusatkan.

Bagi Jakarta Pusat, urusan bersih membersihkan Kali Ciliwung bukan sesuatu yang baru. Baik Ketika Sylviana Murni masih menjabat sebagai Walikota Jakarta Pusat maupun Saefullah sekarang, kebersihan Kali Ciliwung menjadi salah satu fokus perhatian mereka. Saefullah bahkan menurunkan instruksi resmi yang ditujukan pada semua lurah di wilayah ini untuk membentuk komunitas masyarakat peduli sungai.

Permintaan walikota agar para lurah membentuk Komunitas Masyarakat Peduli Sungai (KMPS), tertuang dalam Instruksi Walikota Nomor 54 Tahun 2011 tertanggal 6 April 2011.

Instruksi itu dipastikan akan ‘’melahirkan’’ 44 KMPS. Sebab jumlah kelurahan di Jakarta Pusat ada 44 wilayah yang terangkai dalam delapan kecamatan.

Isi instruksi walikota yang ditujukan kepada para lurah se Jakarta Pusat itu selengkapnya berbunyi :

1. Agar segera membentuk komunhitas masyarakat peduli sungai di wilayah kelurahan masing-masing yang akan menjadi wadah kepedulian masyarakat untuk memperbaiki dan memelihara sungai.
2. Menyediakan tempat (bak) sampah di sekitar tepian sungai untuk mmenghindari masyarakat membuang sampah ke sungai.
3. Meningkatkan efektivitas pengangkutan sampah khususnya dari pemukiman warga di sekitar sungai.
4. Membuat papan/rambu peringatan pada tempat-tempat strategis dan dipandang perlu untuk tidak membuang sampah ke sungai di sepanjang bantaran sungai.
5. Menjaga, merawat dan membersihkan serta menata dan melakukan penghijauan di sepanjang bantaran sungai.
6. Menggerakan masyarakat untuk kerja bhakti membersihkan dan menata sungai secara berkala.

Dalam instruksi yang sama, walikota juga meminta para lurah melaporkan pelaksanaan instruksi itu kepada walikota setiap sebulan sekali.

Itu berarti, KMPS tidak sekedar dibentuk. Yang lebih penting adalah ‘action’ di lapangan karena isntruksi itu menuntut laporan setiap bulan. Dari laporan itu akan ketahuan KMPS kelurahan mana saja yang aktif kerja bhakti membersihkan sungai. Laporan harus disampaikan kepada walikotra melalui Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Dalam hubungan itulah, ketika Festival Ciliwung berlangsung atau kegiatan-kegiatan bersih kali lainnya, seyogyanya para lurah mengingat kembali Instruksi Walikota tentang pembentukan KMPS. Menurut sumber Pelita, ada sejumlah kelurahan atau lurah tidak memiliki kepedulian terhadap instruksi walikota bernomer 54 tertanggal 6 April tahun 2011 itu.

Perhatian Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat terhadap upaya penataan sungai (Kali Ciliwung dengan ‘’anak-anak’’ sungainya), bisa dikatakan luar biasa. Walikota Saefullah sendiri tidak segan-segan terjun ke kali memimpin pembersihan sampah bersama warga masyarakat. Itu tidak terhitung berapa kali sudah pria yang akrab disapa sebagai Bang Ipul ini ‘’menengok’’ gorong-gorong seperti di Jalan Suprapto, Jalan Thamrin, Medan Merdeka, Sabang dan Mangga Dua Raya untuk memeriksa sampah yang menyumbat saluran-saluran besar itu. Dalam pengecekan fisik secara langsung di lapangan itu, Saefullah tidak banyak bicara. Namun sumber tadi menegaskan, setiap temuan di lapangan, selalu dibicarakan walikota dalam rapat.@ syahran rasuni

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: