Social Responsibility

Maret 2012 

Fundraising IWC for Ciliwung 2011

Sumber:http://www.uqisa.org/ 25 September 2011 

Dari Brisbane River Untuk Kali Ciliwung. Fundraising untuk Kali Ciliwung bersama UQISA dan IWC.

Jauh dari tanah air bukan berarti menyurutkan semangat kepedulian pemuda-pemudi bangsa untuk Indonesia. Bertepatan dengan World Rivers Day pada hari minggu 25 September yang lalu, University of Queensland Indonesian Student Association (UQISA) bekerja sama dengan International Water Centre (IWC) dalam melaksanakan acara fundraising bertajuk “Help Save The Ciliwung River Indonesia”. Acara ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Australia, terutama di wilayah Brisbane dan sekitarnya, terhadap kondisi Sungai Ciliwung yang cukup memprihatinkan.

Sebelum acara tersebut diselenggarakan, IWC telah membuka sumbangan online untuk restorasi sungai Ciliwung dan beberapa sungai lainnya. Sumbangan untuk Sungai Ciliwung sempat menduduki posisi teratas sebagai top fundraiser selama lebih dari seminggu di website International River Foundation. Fundraising untuk Sungai Ciliwung ini bermula ketika perwakilan dari IWC berkunjung ke Indonesia dan bertemu langsung dengan Kelompok Peduli Ciliwung (KPC) yang sedang membersihkan Sungai Ciliwung.

Acara yang diadakan di University of Queensland (UQ) itu berlangsung meriah dengan hadirnya Tim Saman dan Angklung yang memukau penonton baik dari Indonesia maupun penduduk lokal Brisbane. Lelang kain batik, tenun ikat, dan wayang kulit berhasil mengumpulkan AU$ 900.00, melengkapi dana online yang terkumpul sebelumnya. Total dana yang terkumpul adalah sekitar AU$ 1700.00 atau sekitar 15 juta rupiah. Melalui IWC, dana ini nantinya akan diberikan kepada KPC yang rutin membersihkan Sungai Ciliwung dan memberikan pendidikan pada penduduk sekitar Sungai Ciliwung tentang pentingnya merawat sungai tersebut.

Yang paling menarik dari kegiatan ini adalah banyaknya hal yang tersampaikan dalam satu waktu fundraising yang singkat. Dalam acara yang berlangsung kurang lebih 3 jam, UQISA berhasil menggalang dana belasan juta rupiah untuk Sungai Ciliwung, membangun citra kerja sama yang baik dengan IWC, memperkenalkan budaya Indonesia melalui penampilan Tari Saman, Angklung, dan lelang karya seni khas Indonesia, serta mempromosikan makanan Indonesia yang disediakan ketika makan siang.

Maret 2012

Coca Cola tanam 2000 pohon di DAS Ciliwung

Sumber: http://m.wwf.or.id/ 1 Maret 2012

PT Coca Cola Indonesia melakukan penanaman pohon di wilayah seluas 5 ha di Kawasan Hulu Sungai Ciliwung, Puncak, Jawa Barat. Kegiatan penghijauanini merupakan tindaklanjut dari “Plant Billboard” yang ditempatkan di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta. Uniknya, billboard tersebut dibuat dari tanaman hidup, sebuah terobosan baru dalam industri periklanan “Above the line” di Indonesia.

© WWF-Indonesia/Anggita Vela

PT Coca Cola Indonesia melakukan penanaman pohon di wilayah seluas 5 ha di Kawasan Hulu Sungai Ciliwung, Puncak, Jawa Barat. Kegiatan penghijauanini merupakan tindaklanjut dari “Plant Billboard” yang ditempatkan di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta. Uniknya, billboard tersebut dibuat dari tanaman hidup, sebuah terobosan baru dalam industri periklanan “Above the line” di Indonesia.

Papan iklan yang berisikan pesan lingkungan tersebut terpampang sejak peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober lalu. Namun tidak hanya itu, ,komitmen Coca Cola Indonesia untuk membantu upaya pelestarian lingkungan juga diwujudkan dalam mendukung upaya reforestasi yang digiatkan WWF-Indonesia.

Melalui program reforestasi NEWtrees, Coca Cola Indonesia mendonasikan 2000 pohon yang akan ditanam di Daerah Aliran Sungai Ciliwung (DAS Ciliwung), Jawa Barat. Kawasan ini dipilih karena area tersebut masuk dalam zona prioritas Departemen Kehutanan dan memiliki peran vital bagi hajat hidup masyarakat Jabodetabek. Melalui upaya penghijauan, diharapkan dapat meningkatkan daya dukung DAS tersebut sekaligus mengurangi resiko terjadinya bencana alam banjir.

Dengan fasilitas internet yang terintegrasi GPS/ Camera/3.5G HSDPA, pohon yang telah ditanam dapat dipantau pertumbuhannya melalui Sistem Geotags (koordinat yang akurat). Foto dan lokasi pohon pun dapat dilihat di di Yahoo Maps, Google Earth, and Google Maps atau di http://www.wwf.or.id/newtrees.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: