Asri Wiratama

Mempercantik Ciliwung dengan kebun buah langka

Sumber: http://asriwiratama.com/2 Maret  2012 

Setelah selesai program tahap awal #tanamsatupohon di bantaran Kali Pesanggrahan pada tanggal 01 Januari 2012 kemarin, kini tim @SRUDUKFOLLOW bergerak untuk #tanamsatupohon di bantaran Kali #CiliwungCantik.

Kelapa Dua, Depok,  menjadi wilayah yang dilewati Kali Ciliwung dan Kelurahan Pasirgunung Selatan menjadi titik yang akan kami lakukan aksi #tanamsatupohon tahap berikutnya. Bantaran kali di dua RW dengan rentang jarak sepanjang 5 km. Sebanyak seratus bibit tanaman buah berukuran 1,5 meter hingga 2,5 meter yang kebanyakan buah lokal langka kami siapkan seperti, Menteng, Mencoy, Kenari, Picung, Kecapi. dan beberapa lainnya seperti Sukun, Matoa, Pete dll, dengan harapan kedepannya #CiliwungCantik dapat menjadi taman buah langka ciliwung.

Minggu pagi tanggal 08 Januari 2012 kami sudah lakukan briefing singkat, kegiatan pertama adalah loading bibit untuk di drop ke titik-titik yang sudah kami tentukan, titik pertama adalah RW 07, bantaran di dekat sebuah kampus swasta, di lokasi ini kendala yang paling berat adalah medan yang terjal, sehingga dropping bibit harus dilakukan manual ke bibir jurang, selain terjal, lahan juga banyak tertutup oleh tanaman perdu yang cukup menggangu bibit yang akan dditanam, sehingga kami harus berjuang keras menuruni curamnya jurang dan menebas tanaman perdu guna memberi ruang terbuka bagi bibit tanaman.

 

Lokasi berikutnya adalah RW 05, di titik ini terbilang cukup mudah bagi kami untuk melakukan aksi #tanamsatupohon disini kami dikejutkan dengan datangnya Bapak Darajat Karyoto selaku Lurah setempat beserta jajaran Lembaga pemberdayaan Masyarakat Bpk. Anggoro, dan juga Sdr, Heru selaku wartawan harian Monitor Depok yang datang untuk mendukung kegiatan kami. Secara simbolis kami melakukan penyerahan bibit tanaman kepada Pak Lurah, srdukers yang datang adalah @fitri_mawar, @kurukunkun dan dharsono_simbah. kegiatan #tanamsatupohon ini melibatkan warga sekitar yang terkumpul dalam komunitas wira buana

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: