Astra Honda Motor

Maret 2011

Honda Turut Serta Lestarikan Air Jakarta 

Sumber:  http://www.astra-honda.com/ 22 Maret 2011 

Jakarta, Air merupakan sarana kehidupan yang sangat penting, tidak hanya bagi manusia, tumbuh-tumbuhan dan hewan pun membutuhkan air agar tetap mampu bertahan hidup. Banyak aktivitas kehidupan manusia yang harus menggunakan air, bahkan dalam tubuh kita 70% berisikan air yang memegang peranan yang amat penting untuk kehidupan.

Hari Air sedunia yang jatuh setiap tanggal 22 Maret senantiasa diperingati oleh dunia internasional, Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Tema Internasional Hari Air Dunia XIX tahun 2011 adalah Water for Cities , dan untuk tema nasionalnya adalah ”Air Perkotaan dan Tantangannya” . Sedangkan provinsi DKI Jakarta memperingati Hari Air Dunia XIX tahun 2011 dengan Tema “Bersama Kita Selamatkan Air Jakarta”.

Seirama dengan program pemerintah, Honda melalui Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) bersama Komunitas Pencinta Ciliwung (KPC) Tanjungan turut serta untuk menyelematkan air di Jakarta dengan menggelar “Hari Air Dunia Tingkat DKI Jakarta” pada hari Minggu, 27 Maret 2011. Event ini dilaksanakan di bantaran Kali Ciliwung Tanjungan Kelurahan Cililitan ini dihadiri oleh Ir. Peni Susanti, Dipl. Est, Kepala BPLHD Provinsi DKI Jakarta, Drs. H.R. Krisdianto, M.Si, Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur, Drs. Dadang Yudi Hartono, Lurah Cililitan dan Yudi Yozardi, Corporate Communication AHM.

Dalam sambutannya Peni Susanti mengatakan, salah satu pendekatan untuk pengendalian air tanah dan upaya pemanfaatan air permukaan yang berkelanjutan melalui program 5 R (Reduce, Reuse, Recycle, Recharge, Recovery), yang merupakan gerakan sosial dalam melakukan penghematan dan upaya dalam melestarikan air tanah.

Sebagai rangkaian acara Hari Air Dunia Tingkat DKI Jakarta ini dilaksanakan Penandatanganan Komitmen Peduli Lingkungan antara AHM, BPLHD dan Walikota Jakarta Timur. Selain itu juga dilakukan penanaman 200 bibit pohon produktif, penebaran bibit ikan dan lomba memungut sampah di Kali Ciliwing dengan perahu karet.

Pada kesempatan ini Yayasan Astra Honda Motor menyerahkan bantuan berupa saung pendidikan lingkungan di bantaran Kali Ciliwung sebagai wadah pengembangan flora, bantuan pembiakan ikan, penyerahan bantuan peralatan komposting dan pencacah daun.

Diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan ini, bantaran kali Ciliwung dan sekitarnya menjadi lebih asri dan lebih baik, tidak hanya untuk kelangsungan hidup manusia tetapi juga bagi hewan dan tumbuh-tumbuhan disekelilingnya.

1. Honda melalui Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) bersama Komunitas Pencinta Ciliwung (KPC) dan BPLHD DKI Jakarta menandatangani Komitmen Peduli Lingkungan pada acara “Hari Air Dunia Tingkat DKI Jakarta” pada hari Minggu, 27 Maret 2011.

2. Yudi Yozardi (Corporate Communication Manager AHM) melakukan penanaman di bantaran kali Ciliwung pada hari Air Dunia XIX tingkat DKI Jakarta.

3. Yudi Yozardi mewakili Yayasan Astra Honda Motor menyerahkan bantuan berupa saung pendidikan lingkungan sebagai wadah pengembangan flora, bantuan pembiakan ikan, peralatan komposting dan pencacah daun pada Jumari Ketua Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) Tanjungan yuang disaksikan oleh Ir. Peni Susanti, Dipl. Est, Kepala BPLHD Provinsi DKI Jakarta. (djs)

Kita Selamatkan Air Jakarta!

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/ 26 Desember 2011

TIDAK terpungkiri bahwa air adalah sumber kehidupan. Kita semua juga mengetahui semua makhluk hidup membutuhkan air agar dapat bertahan hidup. Namun disadari atau tidak, aktivitas manusia saat ini telah menurunkan kualitas air sebagai sumber kehidupan.

Pencemaran air sungai adalah contoh nyata sebagai dampak aktivitas manusia. Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan perairan yang kualitasnya semakin menurun ini, Yayasan Astra Honda Motor (AHM) mencoba membantu memulihkan kondisi lingkungan perairan Sungai Ciliwung di wilayah DKI Jakarta.

Program ini telah dijalankan seiring dengan peringatan Hari Air Sedunia yang dicanangkan setiap 22 Maret. Tahun 2011 ini peringatan Hari Air Sedunia mengambil tema Water for Cities, sedangkan untuk tema nasional, “Air Perkotaan dan Tantangannya”.

Dengan mengambil tema “Bersama Kita Selamatkan Air Jakarta”, Yayasan AHM bersama Pemprov DKI Jakarta dan Komunitas Pencinta Ciliwung (KPC) melakukan aksi nyata untuk merehabilitasi kondisi lingkungan di bantaran Kali Ciliwung Tanjungan Kelurahan Cililitan, Jakarta Timur.

Dalam kegiatan yang telah dilakukan pada 27 Maret 2011 ini dihadiri oleh Kepala BPLHD Provinsi DKI Jakarta Ir. Peni Susanti, Dipl. Est, Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur Drs. H.R. Krisdianto, M.Si, Lurah Cililitan Drs. Dadang Yudi Hartono, dan Corporate Communication AHM Yudi Yozardi.

Sebagai rangkaian acara Hari Air Dunia Tingkat DKI Jakarta ini juga dilaksanakan Penandatanganan Komitmen Peduli Lingkungan antara AHM, BPLHD dan Walikota Jakarta Timur.

Dalam sambutannya, Kepala BPLHD Provinsi DKI Jakarta Peni Susanti mengatakan salah satu pendekatan untuk pengendalian air tanah dan upaya pemanfaatan air permukaan yang berkelanjutan melalui program 5 R (Reduce, Reuse, Recycle, Recharge, Recovery), yang merupakan gerakan sosial dalam melakukan penghematan dan upaya dalam melestarikan air tanah.

Untuk memulihkan kondisi bantaran Sungai Ciliwung, Yayasan AHM melakukan penanaman 200 bibit pohon produktif dan penebaran bibit ikan. Kegiatan juga dikemas secara menarik dengan membuat lomba memungut sampah di Kali Ciliwing dengan perahu karet.

Pada kesempatan ini Yayasan Astra Honda Motor menyerahkan bantuan berupa saung pendidikan lingkungan di bantaran Kali Ciliwung sebagai wadah pengembangan flora, bantuan pembiakan ikan, penyerahan bantuan peralatan komposting dan pencacah daun.

Diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan ini, bantaran kali Ciliwung dan sekitarnya menjadi lebih asri dan lebih baik, tidak hanya untuk kelangsungan hidup manusia, tetapi juga bagi hewan dan tumbuh-tumbuhan di sekelilingnya. (*)

April 2012

Honda Motor Tanam 220.000 Pohon

Agung Kurniawan | Bastian

Sumber:  http://otomotif.kompas.com/ 22 April 2012 

F : PT Astra Honda Motor (AHM) Melakukan Penghijauan (Dok.AHM)

Jakarta, KompasOtomotif – PT Astra Honda Motor memperingati Hari Bumi Sedunia (22 April) dengan menanam 200.000 pohon dalam beberapa tahap, bekerjasama dengan Yayasan Astra Honda Motor (YAHM), pemerintah, lembaga kemasyarakatan dan “Main Dealer” Honda di Indonesia. Kegiatan ini sebagai tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan di Indonesia.

Untuk tahap pertama, AHM telah menanam 28.325 pohon periode Januari-April 2012, kemudian akan dilanjutkan dua tahap berikutnya dengan total 165.000 pohon di beberapa wilayah di Tanah Air. “Kegiatan penghijauan ini merupakan bukti komitmen kami dalam usaha terus menghijaukan bumi Indonesia demi langit biru dan lingkungan hijau untuk generasi penerus kita,” komentar Head of Corporate Communication AHM Kristanto, dalam keterangan resmi yang diterima KompasOtomotif, Minggu (22/4/2012).

Beberapa lokasi yang sudah ditanami pohon dari Honda motor, yakni Blora (10.000 pohon), jalur tol Tangerang-Merak (3.000 pohon), Taman Kota Magelang (1.000 pohon), Kali Ciliwung (8.255 pohon), Bandung (1.450 pohon), Kramat Jati, Jakarta (1.000 pohon). bantaran sungai Cikeas (300 pohon), Leuwiliang (300 pohon), Sunter (100 pohon), Tanggerang (120 pohon) dan beberapa sekolah di Indonesia (100 pohon).

“Dalam waktu dekat AHM juga mendukung program penghijauan di Gunung Kidul, Yogyakarta dengan menyiapkan 110.000 pohon dan penanaman 55.000 pohon di Gunung Halimun, Sukabumi,” lanjut Kristanto.

Adapun jenis pohon yang disumbangkan, terdiri dari jenis pohon pelindung (trembesi, sengon, jati, akasia, angsana), buah-buahan dan obat (kelapa, sukun, nangka, alpokat, rambutan, kayu putih), juga langka (ketapang, tanjung, bungur).

Honda Tanam 200.000 Pohon

Sumber:  http://jabar.tribunnews.com/ 23 April 2012 

BANDUNG, TRIBUN – PT Astra Honda Motor (AHM) melakukan berbagai aksi penghijauan, dengan menanam sekitar 200.000 pohon sebagai bagian kecintaan dan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan di Indonesia. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya AHM memperingati Hari Bumi Sedunia tanggal 22 April.

Sebanyak 11 aksi penghijauan dilakukan dengan menanam 28.325 pohon selama kurun Januari-April tahun ini. Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan dua aksi penanaman 165.000 pohon di beberapa wilayah di Tanah Air. Berbagai aksi penghijauan ini bekerjasama dengan Yayasan Astra Honda Motor (YAHM), lembaga pemerintahan, lembaga kemasyarakatan, dan Main Dealer Honda di Indonesia.

Head of Corporate Communication AHM Kristanto mengatakan, perusahaaan berkomitmen secara berkesinambungan menjalankan tanggung jawab sosialnya terhadap masyarakat Indonesia, khususnya terkait pelestarian lingkungan hidup.

“Kegiatan penghijauan ini merupakan bukti komitmen kami dalam usaha terus menghijaukan bumi Indonesia demi langit biru dan lingkungan hijau untuk generasi penerus kita,” ujarnya seperti rilis yang diterima Tribun, Senin (23/4) siang.

Sepanjang empat bulan pertama tahun ini, AHM telah melakukan beberapa kegiatan penghijauan, antara lain penanaman 10.000 pohon di sekitar Kota Blora, penghijauan jalur tol Tangerang-Merak dengan menanam 3.000 pohon, mengembangkan taman kota Magelang dengan penanaman 1.000 pohon.

Selain itu, AHM juga melakukan aksi penghijauan bersama Komunitas Peduli Ciliwung dengan menanam 8.255 pohon di sekitar Kali Ciliwung, menggelar program Ecopesantren Daarut Tauhid, Bandung dengan menanam 1.450 pohon, serta pencanangan Kalibaru Bersih, Kramat Jati dengan menanam 1.000 pohon.

Di samping itu juga terdapat kegiatan penghijauan dalam bentuk penanaman 820 pohon di bantaran sungai dan danau seperti bantaran sungai Cikeas sebanyak 300 pohon, penghijauan lahan di Leuwiliang 300 pohon, penghijauan area danau Sunter sebanyak 100 pohon, dan 120 pohon di Tangerang.

Selain itu terdapat juga penanaman pohon oleh anak muda Indonesia melalui program Pelopor Cinta di sekolah-sekolah di beberapa kota di Indonesia sebanyak 100 pohon. (*)

Penulis : guy
Editor : dar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: