Astra International

Juni 2011

Serukan Gerakan Cinta Lingkungan Astra Mengajak Masyarakat Stop Nyampah di Kali

Sumber: http://www.astra.co.id/ 22 Juni 2011

JAKARTA : Hari ini, Rabu 22 Juni 2011 PT Astra International Tbk dan anak perusahaannya (“Astra”) bersama dengan masyarakat Bale Kambang, Condet, Jakarta Timur melakukan gerakan cinta lingkungan dengan slogan “Stop Nyampah di Kali!” yang merupakan Program Konservasi dan Sanitasi Berbasis Masyarakat di Ciliwung.

Peresmian dilakukan oleh Ridwan Pandjaitan Kepala Bidang Penegakan Hukum Lingkungan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) bersama Riza Deliansyah, Head of Environment and Social Responsibility Division PT Astra International Tbk, yang dilaksanakan di bantaran Kali Ciliwung ruas TB Simatupang, Kalibata RW 09, Kelurahan Bale Kambang, Condet, Jakarta Timur.

Program Konservasi dan Sanitasi Berbasis Masyarakat di Ciliwung bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan dan menjaga sumber daya air permukaan, khususnya Kali Ciliwung agar kembali sesuai fungsinya untuk mendukung kehidupan sekitarnya dan juga mengedukasi warga sekitar agar mampu beradaptasi serta mengurangi dampak perubahan iklim karena efek global warming.

Lebih dari 200 Karyawan Grup Astra bersama beberapa tokoh masyarakat turut berpartisipasi menanam 500 pohon di kawasan Bale Kambang dimana 200 bibit ditanam di pemukiman warga dan mengkampanyekan larangan membuang sampah di Kali Ciliwung dengan membagikan sticker “Stop Nyampah di Kali!” kepada warga sekitar serta penebaran benih ikan lele di Kali Ciliwung. Selain itu Grup Astra juga menyerahkan perahu karet bermesin beserta perlengkapannya, membangun dermaga, dan mendirikan 1 unit ecoducation atau saung informasi mengenai area konservasi lingkungan di wilayah Bale Kambang.

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Ulang Tahun Jakarta ke-484 pada hari Minggu 19 Juni 2011 Grup Astra menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo yang diberikan untuk 3 wilayah, yaitu Bale Kambang, Pejaten Timur dan Kebon Baru berupa 2 mesin Recycle Plastic (Pejaten Timur & Kebon Baru), 15 buah gerobak sampah (Pejaten Timur), sebuah motor gerobak (Bale Kambang), dan 200 tempat sampah terpilah (Pejaten Timur dan Kebon Baru).

Astra senantiasa memiliki komitmen untuk pengelolaan lingkungan yang sehat dan aman bagi seluruh stakeholder karena Astra memahami bahwa lingkungan yang sehat dan aman adalah salah satu faktor pendukung kesuksesan bisnis. Melalui perumusan kerangka Astra Green Company (AGC) , Astra terus memantau dan melakukan evaluasi pengelolaan Lingkungan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (LK3) dalam usahanya untuk mewujudkan tanggung jawabnya dalam menciptakan kelestarian alam dan lingkungan kerja yang sehat dan aman secara berkesinambungan.

Berikut ini adalah beberapa kegiatan CSR Lingkungan yang dilakukan oleh Grup Astra:
“Go Green with Astra” yang merupakan program penanaman pohon sebanyak 132.213 oleh Grup Astra di seluruh Indonesia.
Grup Astra turut berkontribusi dalam pembangunan taman kota yang dikenal sebagai Taman Astra dengan luas 4.000 m2 yang berada di perempatan Jl. Yos Sudarso dan Jl. Perintis Kemerdekaan, Jakarta
Utara. Taman Astra ditanami lebih dari 10 jenis pohon langka dan lebih dari 10 jenis tanaman semak yang dilengkapi dengan jogging track dan area rekreasi. Taman ini dimanfaatkan sebagai ruang publik bagi masyarakat sekitar dan diharapkan dapat menambah kelestarian lingkungan dan keindahan kota dalam mendukung program Adipura. Jumlah biaya dalam pembangunan Taman Astra adalah lebih dari Rp 1,47 miliar.
Pada bulan Maret 2011 PT Astra Honda Motor melalui Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) bersama Komunitas Pecinta Ciliwung (KPC) Tanjungan turut serta untuk menyelamatkan air di Jakarta dengan menggelar “Hari Air Dunia Tingkat DKI Jakarta”. Pada acara tersebut dilaksanakan Penandatanganan Komitmen Peduli Lingkungan antara AHM, BPLHD dan Walikota Jakarta Timur, penanaman 200 bibit pohon produktif, penebaran bibit ikan dan lomba memungut sampah di Kali Ciliwung. Nilai bantuan yang disalurkan PT Astra Honda Motor pada program tersebut adalah Rp 500 juta. Selain itu pada Mei 2011 YAHM melakukan program penghijauan di area perbukitan di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta berupa penanaman 6.000 pohon di atas lahan seluas 19 hektar.
PT Toyota Astra Motor (TAM) membangun Toyota Eco Island yang mengembangkan kawasan seluas 1,5 hektar dengan berbagai jenis pohon habitat asli di kawasan Taman Impian Jaya Ancol sebagai sarana edukasi maupun rekreasi peduli lingkungan. Dana pembangunan Toyota Eco Island ini berasal dari program Car for Tree yang diselenggarakan TAM selama periode Juli – Desember 2010. Melalui Program ini TAM menyisihkan sebagian hasil penjualan setiap unit kendaraan pada periode tersebut dan mengalokasikan untuk penanaman pohon. Biaya yang digunakan dalam membangun Toyota Eco Island senilai lebih dari Rp 4 miliar.

Program tanggung jawab sosial di bidang lingkungan adalah salah satu rangkaian program di bawah payung SATU Indonesia (Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia) berupa program-program tanggung jawab sosial Grup Astra untuk kemajuan Indonesia menuju bangsa yang sejahtera.

“Semoga Program ini dapat membangun kesadaran dan kepedulian Karyawan Astra dan warga sekitar untuk senantiasa merawat lingkungan agar menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, sesuai dengan Visi Astra, yaitu Menjadi Perusahaan yang Mempunyai Tanggung Jawab Sosial serta Ramah Lingkungan,” Ujar Riza Deliansyah.

Jakarta, 22 Juni 2011

Yulian Warman

Head of Public Relations Division

PT Astra International Tbk

Astra Ajak Stop Nyampah di Kali

Septian Pamungkas – Okezone

Sumber: http://autos.okezone.com/23 Juni 2011

F: Astra Stop Nyampah di Kali (dok Astra)

JAKARTA – PT. Astra International Tbk membuktikan kepeduliannya terhadap lingkungan lewat gerakan cinta lingkungan dengan slogan “Stop Nyampah di Kali!”.

Kegiatan ini merupakan Program Konservasi dan Sanitasi Berbasis Masyarakat di Ciliwung. Aksi cinta lingkungan ini dilaksanakan Rabu (22/6/2011) di bantaran Kali Ciliwung ruas TB Simatupang, Kalibata Rw 09, Kelurahan Bale Kambang, condet, Jakarta Timur.

Kegiatan tersebut diresmikan langsung oleh Ridwan Pandjaitan selaku Kepala Bidang Penegakan Hukum Lingkungan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) bersama Riza Deliansyah, Head of Environment and Social Responcibility Division PT. Astra International Tbk.

Program Konservasi dan Sanitasi Berbasis Masyarakat memiliki tujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan dan menjaga sumber daya air permukaan, khususnya Kali Ciliwung agar kembali sesuai fungsinya.

Lebih dari 200 orang Karyawan Grup Astra bersama beberapa tokoh masyarakat ikut berpartisipasi menanam 500 pohon di kawasan Bale Kambang. Selain itu Grup Astra juga menyerahkan perahu karet bermesin lengkap dengan perlengkapannya, membangun dermaga dan mendirikan satu unit ecoducation atau saung informasi mengenai area konservasi lingkungan di wilayah Bale Kambang.

Aksi kepedulian lain juga ditunjukkan Grup Astra pada akhir pekan lalu dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Ulang Tahun Jakarta ke-484. Grup Astra menyerahkan bantuan simbolis kepada Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo yang diberikan untuk 3 wilayah diantaranya Bale Kambang, Pejaten Timur dan Kebon Baru.

Bantuan tersebut berupa 2 mesin Recycle Plastic (Pejaten Timur dan Kebon Baru), 15 gerobak sampah (Pejaten Timur), satu unit gerobak motor (Bale Kambang) dan 200 tempat sampah terpilah (Pejaten Timur dan Kebon Baru).
(zwr)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: