Coca Cola Indonesia

Maret 2009 

Coca-Cola Rayakan Hari Air Sedunia

Sumber: http://www.radarlampung.co.id/ 25 Maret 2009 

BANDARLAMPUNG – Perusahaan Coca-Cola di Indonesia turut serta memeriahkan peringatan Hari Air Sedunia yang jatuh setiap tanggal 22 Maret melalui serangkaian kegiatan bertema edukasi dan konservasi sumber daya air di beberapa kota di Indonesia.

Di Jakarta, Coca-Cola menyelenggarakan program Kemah Cinta Air yang diikuti oleh 50 pelajar dari lima SMA di Jakarta dan sekitarnya yang sering terkena dampak banjir tahunan.

Kegiatan Kemah Cinta Air dilakukan selama dua hari pada tanggal 21-22 Maret 2009, di mana hari pertama diisi dengan kegiatan safari kunjungan ke hilir Sungai Ciliwung di Suaka Margasatwa Muara Angke serta dua pintu air utama Sungai Ciliwung, yaitu pintu air Manggarai dan pintu air Katulampa, Bogor. Pada hari kedua, peserta akan mendapatkan edukasi mengenai pentingnya air bagi kehidupan sehari-hari melalui aneka permainan edukatif, serta pengamatan langsung ke komunitas air di lahan perkemahan Gunung Geulis, Bogor.

’’Coca-Cola merupakan perusahaan yang memiliki kepedulian tinggi terhadap pelestarian sumber daya air di mana pun perusahaan kami melakukan kegiatan usaha. Pelestarian sumber daya air bisa dilakukan, baik melalui kegiatan edukatif maupun konservasi, melalui kerja sama dengan organisasi-organisasi yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan, khususnya sumber daya air,” kata Titie Sadarini, corporate affairs director PT Coca-Cola Indonesia.

Program Kemah Cinta Air Coca-Cola bertujuan memberikan pengalaman langsung kepada siswa-siswi peserta kegiatan melalui pengamatan aliran air Sungai Ciliwung di beberapa titik strategis serta kegiatan edukasi lapangan yang terkait dengan konservasi sumber daya air. Peserta yang dilibatkan adalah siswa-siswi dari SMA yang sekolahnya sering terkena dampak banjir tahunan. Dengan demikian, diharapkan kegiatan ini mampu meninggalkan kesan mendalam bagi mereka, sehingga dapat memberi pengaruh positif terhadap sikap hidup mereka sehari-hari. Lebih lanjut lagi, mereka diharapkan dapat menularkan sikap peduli lingkungan itu kepada orang-orang di sekitarnya.

Dalam program ini, Coca-Cola dibantu oleh Jakarta Green Monster, yaitu sebuah organisasi nirlaba yang aktif dalam program pelestarian lingkungan. Selain itu, artis peduli lingkungan Nugie juga turut ikut serta dalam program ini.

Dalam kunjungan ke kawasan reservasi Suaka Margasatwa Muara Angke, peserta Kemah Cinta Air Coca-Cola mendapatkan penjelasan mengenai kondisi air serta lingkungan hidup di muara Sungai Ciliwung. Siswa-siswi SMA ini akan berkesempatan melihat langsung kondisi muara Sungai Ciliwung serta upaya konservasi yang dilakukan.

Kunjungan ke pintu air Manggarai diharapkan dapat memberi pemahaman kepada peserta Kemah Cinta Air Coca-Cola tentang permasalahan sampah yang mengalir melalui Sungai Ciliwung. Dengan demikian, mereka dapat memahami dan menyadari beratnya upaya pengelolaan limbah sampah sungai sebagai salah satu penyebab utama pendangkalan dan penyempitan Sungai Ciliwung yang mengakibatkan banjir di wilayah sekitar sungai. (*)

Maret 2012

Coca Cola tanam 2000 pohon di DAS Ciliwung

Sumber: http://m.wwf.or.id/ 1 Maret 2012

PT Coca Cola Indonesia melakukan penanaman pohon di wilayah seluas 5 ha di Kawasan Hulu Sungai Ciliwung, Puncak, Jawa Barat. Kegiatan penghijauanini merupakan tindaklanjut dari “Plant Billboard” yang ditempatkan di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta. Uniknya, billboard tersebut dibuat dari tanaman hidup, sebuah terobosan baru dalam industri periklanan “Above the line” di Indonesia.

© WWF-Indonesia/Anggita Vela

PT Coca Cola Indonesia melakukan penanaman pohon di wilayah seluas 5 ha di Kawasan Hulu Sungai Ciliwung, Puncak, Jawa Barat. Kegiatan penghijauanini merupakan tindaklanjut dari “Plant Billboard” yang ditempatkan di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta. Uniknya, billboard tersebut dibuat dari tanaman hidup, sebuah terobosan baru dalam industri periklanan “Above the line” di Indonesia.

Papan iklan yang berisikan pesan lingkungan tersebut terpampang sejak peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober lalu. Namun tidak hanya itu, ,komitmen Coca Cola Indonesia untuk membantu upaya pelestarian lingkungan juga diwujudkan dalam mendukung upaya reforestasi yang digiatkan WWF-Indonesia.

Melalui program reforestasi NEWtrees, Coca Cola Indonesia mendonasikan 2000 pohon yang akan ditanam di Daerah Aliran Sungai Ciliwung (DAS Ciliwung), Jawa Barat. Kawasan ini dipilih karena area tersebut masuk dalam zona prioritas Departemen Kehutanan dan memiliki peran vital bagi hajat hidup masyarakat Jabodetabek. Melalui upaya penghijauan, diharapkan dapat meningkatkan daya dukung DAS tersebut sekaligus mengurangi resiko terjadinya bencana alam banjir.

Dengan fasilitas internet yang terintegrasi GPS/ Camera/3.5G HSDPA, pohon yang telah ditanam dapat dipantau pertumbuhannya melalui Sistem Geotags (koordinat yang akurat). Foto dan lokasi pohon pun dapat dilihat di di Yahoo Maps, Google Earth, and Google Maps atau di http://www.wwf.or.id/newtrees.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: