Nokia Indonesia

Februari 2010

Nokia Tanam 4000 Pohon di DAS Ciliwung

Sumber: http://green.kompasiana.com/ 02 February 2010 

Country Manager Nokia Indonesia Bob McDougall mengawali penanaman 4000 pohon di hulu DAS Ciliwung sebagai puncak dari kampanye Nokia Give & Grow, Selasa (2/2) (iskandarjet)

Menandai puncak kampanye Nokia Give and Grow yang dicanangkan Nokia Indonesia sejak Agustus 2009, hari ini (2/2) dilakukan penanaman empat ribu pohon di dasar aliran sungai (DAS) Ciliwung. Program penghijauan secara seremonial digelar pagi ini di area hulu DAS Ciliwung, desa Cikoneng, Cisarua, Bogor.

Kampanye Nokia Give & Grow sendiri berhasil mengumpulkan lebih dari 10 ribu ponsel, charger dan aksesoris untuk didaur ulang. Dari puluhan ribu ponsel dan aksesoris bekas yang terkumpul ini, Nokia dan TES-AMM Indonesia mendonasikan dana kepada WWF Indonesia untuk mendanai program NEWTrees (penghijauan di DAS Ciliwung).

Sebagai bentuk apresiasi Nokia Indonesia atas partisipasi masyarakat dalam kampanye Nokia Give & Grow, sebuah sertifikat diberikan kepada setiap konsumen yang disertai dengan titik ordinat area penanaman pohon, dengan maksud agar konsumen dapat memantau pertumbuhan pohon tersebut.

Selanjutnya, melalui WWF Indonesia, Nokia bersama konsumennya akan melanjutkan penanaman pohon di DAS Ciliwung hingga mencakup area 10 hektar.

4.000 Pohon Ditanam di DAS Ciliwung Hari Ini

Sumber: http://nasional.kompas.com/ 2 Februari 2010 

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebanyak 4.000 pohon akan ditanam di area hulu daerah aliran Sungai (DAS) Ciliwung, Desa Cikoneng, Cisarua, Bogor, Selasa (2/2/2010). Penanaman tersebut rencananya akan dilakukan secara tersebar di area seluas 10 hektar di kawasan tersebut.

Gerakan penanaman pohon itu merupakan bagian puncak dari kampanye “Nokia Give and Grow, ‘Beri Handphone, Tumbuh Pohon'”, yang dicanangkan oleh Nokia Indonesia bekerja sama dengan TES-AMM Singapore sejak bulan Agustus.

Bob McDougall, Country Manager Nokia Indonesia, mengungkapkan, sebelum gerakan penanaman pohon itu Nokia Indonesia dan TES-AMM berhasil mengumpulkan lebih dari 10.000 ponsel, charger, dan aksesori bekas dari masyarakat untuk didaur ulang. Selanjutnya, Nokia dan TES-AMM mendonasikan dana hasil daur ulang tersebut kepada WWF Indonesia untuk menjalankan program penanaman pohon di DAS Ciliwung yang saat ini dilakukan.

“Sebagai produsen ponsel terbesar di dunia, misi kami untuk berperan serta menyelamatkan lingkungan tidak bisa berhasil tanpa dukungan konsumen. Dan, pada hari ini, sebagai apresiasi Nokia Indonesia terhadap partisipasi masyarakat Indonesia yang telah memberikan ponsel dan aksesori bekasnya untuk didaur ulang, hasil dari kampanye ini kami kembalikan lagi kepada masyarakat melalui kegiatan penanaman pohon bersama WWF Indonesia di DAS Ciliwung,” papar Bob McDougall saat membuka rangkaian kegiatan penanaman pohon hari ini.

Sementara itu, Nazier Foead, Community and Corporate Engagement WWF Indonesia, yang juga hadir pada acara tersebut mengatakan, kampanye daur ulang ponsel dan aksesori bekas yang dilakukan Nokia Indonesia memberikan dampak yang sangat berarti bagi penyelamatan lingkungan.

“Kampanye daur ulang ponsel dan aksesori bekas yang dilakukan Nokia Give and Grow ini dapat membangun kesadaran akan kekuatan positif setiap individu dan memberikan sesuatu yang berarti kepada lingkungan melalui program new trees untuk melakukan restorasi di DAS Ciliwung,” ujarnya.

Nazier menambahkan, penghijauan ini juga merupakan salah satu bentuk partisipasi atas program One Man One Tree yang dicanangkan oleh Presiden SBY pada November 2008. “Kami berharap langkah ini akan membawa perubahan ke arah yang lebih baik bagi kita bersama,” tandasnya.

NOKIA Give & Grow : Tanam 4.000 Pohon Di DAS Ciliwung 

Sumber: http://www.sentrajakarta.com/ 03 February 2010

Para Pembicara Dan Pihak Yang Mewujudkan Kampanye Nokia

Masih ingat dengan Kampanye Nokia Give & Grow “Beri Handphone, Tumbuh Pohon” yang dimulai sejak Agustus 2009 lalu…? Ya, NOKIA sebagai salah satu produsen handphone terbesar didunia ini ternyata telah secara rutin menggelar acara semacam ini sejak tahun 1997. Program yang dimulai pada Agustus 2009 hingga Desember 2009 kemarin telah mengumpulkan sebanyak 10.000 lebih handphone dan aksesorisnya.

Menyambung acara NOKIA Give & Grow tersebut, Selasa 2 Februari 2010 kemarin dilakukan penanaman 4.000 pohon yang dilakukan di area hulu Daerah Anak Sungai (DAS) Ciliwung Desa Cikoneng, Cisarua, Bogor.

Program ini berhasil terealisasi atas kerjasama dari NOKIA Indonesia, Kampanye yang dicanangkan oleh Nokia Indonesia, TES-AMM Indonesia dan WWF Indonesia. “Kami bangga sekali program Nokia Give & Grow “Beri Handphone, Tumbuh Pohon” ini mendapatkan perhatian yang sangat luar biasa dari masyarakat Indonesia dan diharapkan penanaman pohon di DAS Ciliwung ini dapat dilakukan kembali ditempat-tempat lainnya,” ujar Bob McDougall, Country Manager Nokia Indonesia.

“Nanti akan ditanam pohon sebanyak 4.000 buah di DAS ciliwung dengan luas 10 ha. Kami berharap ini dapat merestorasi kawasan DAS Ciliwung dengan penanaman pohon-pohon tersebut dan dapat memberikan kontribusi sebagai salah satu langkah konkret kita untuk menyelamatkan lingkungan, Beberapa jenis pohon yang cocok ditanam di DAS Ciliwung adalah Damar dan Suren.” ungkap Nazir Foead, Director of Governance, Community & Corporate Engagement WWF Indonesia.

“DAS Ciliwung merupakan sungai yang mempengaruhi hajat hidup banyak orang di Ibukota,” tutur Bambang N. Gyat, Country Representative TES-AMM Singapore, saat ditanyakan alasan dipilihnya DAS Ciliwung. Anda pasti juga masih ingat dengan program Presiden SBY yang mencanangkan “One Man One Trees” pada tahun 2008 lalu maka pada tahun 2010 nanti program tersebut akan diperbaharui dengan nama “One Billion Indonesia Trees For The Earth” siap akan dilakukan dalam jangka waktu 5 tahun mendatang.

Kampanye ini tidak hanya dilakukan di Indonesia tapi juga di negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam dan Filipina. Dan bagi anda yang masih ingin berpartisipasi, belum terlambat. Karena anda masih bisa memasukan handphone dan aksesori bekas ke dalam drop box yang terdapat di 98 Nokia Customer Care di seluruh Indonesia.

4000 bibit pohon ditanam di DAS Ciliwung

Sumber: http://www.wwf.or.id/ 03 February 2010  

Oleh: Masayu Yulien Vinanda

Setelah penanaman simbolik Nokia NEWtrees di hulu DAS Ciliwung  © WWF-Indonesia/Primayunta

Bogor (2/02)- Sebanyak 4000 bibit pohon kemarin Selasa (02/02) ditanam di desa Cikoneng untuk menandai restorasi tahap pertama hulu daerah aliran sungai (DAS) Ciliwung. Penanaman yang dilakukan pada puncak kampanye Nokia Give & Grow tersebut dibiayai oleh Nokia dan TESS-AMM sebagai tanda dukungan mereka terhadap program NEWTrees WWF-Indonesia.

Program Nokia Give & Grow yang diluncurkan pada Agustus 2009 lalu berhasil mengumpulkan 10.000 ponsel dan aksesori bekas dari 97 drop box Nokia di seluruh Indonesia. Sampah elektronik ini kemudian didaur ulang oleh TESS-AMM untuk menjadi barang-barang bermanfaat dan memiliki nilai jual. Dana yang berhasil dikumpulkan dari proses daur ulang sampah elektronik tersebut didonasikan untuk program NEWtrees.

Hadir dalam acara penanaman di area seluas 10 hektar tersebut, Country Manager Nokia Indonesia Bob McDougall, Presidium WWF-Indonesia Tati Darsoyo, jajaran Board WWF-Indonesia Shinta Kamdani dan Pia Alisjahbana, Dirjen Rehabilitasi Hutan dan Lahan Perhutanan Sosial (RLPS) Ir. Indriastuti, M.M, Direktur Kebijakan WWF-Indonesia Nazir Foead, dan Direktur Marketing dan Komunikasi WWF-Indonesia Devy Suradji.

“Kami sangat senang bisa bekerjasama dengan WWF-Indonesia dan TESS-AMM dalam mendukung upaya penyelamatan lingkungan melalui penghijauan. Melalui penanaman pohon di DAS Ciliwung hari ini, Nokia ingin menunjukkan pada konsumen kami bahwa Nokia sebagai green company memiliki komitmen dalam upaya melestarikan lingkungan dan mendukung program pemerintah One Man One Tree, “ jelas Bob McDougall saat membuka acara penanaman DAS Ciliwung tersebut.

Dirjen RLPS Departemen Kehutanan, Indriastuti, menyambut baik inisiatif Nokia-TESS AMM-WWF ini. “Ini merupakan dukungan yang luar biasa dalam mensukseskan program restorasi yang terus diupayakan pemerintah. Jika Februari 2009 lalu kami mencanangkan program One Man One Tree, maka Februari 2010 kami menaikkan target menjadi OBIT, One Billion Indonesian Trees for the World. Penanaman pohon hari ini merupakan penanaman pertama yang akan kami masukkan dalam target OBIT.”

DAS Ciliwung terpilih menjadi lokasi penanaman selain karena kondisinya yang masuk zona prioritas Departemen Kehutanan, WWF juga ingin memberikan kontribusinya bagi masyarakat Jabodetabek.

“Selama ini WWF banyak bekerja di luar Jawa. Di Kalimantan, Lombok, Sumatra, dan baru-baru ini NEWtrees juga dilakukan di Papua. Tingginya ekspektasi masyarakat Jabodetabek terhadap WWF menginspirasi kami untuk melakukan upaya penyelamatan lingkungan di daerah tersebut. DAS Ciliwung saya rasa tepat karena kelestariannya mempengaruhi hajat hidup orang banyak di Jakarta. DAS Ciliwung juga bisa dijadikan barometer. Jika DAS Ciliwung bisa lebih hijau, tentunya DAS lainnya juga bisa lebih hijau,” ungkap Nazir Foead.

Untuk mengapresiasi partisipasi publik terhadap program ramah lingkungan Nokia Give & Grow, WWF akan memberikan sertifikat NEWtrees kepada setiap individu yang telah memberikan ponsel maupun aksesoris ponsel bekas mereka. Di dalam sertifikat khusus tersebut akan dicantumkan ordinat pohon yang dapat digunakan oleh pemilik sertifikat untuk memantau perkembangan vegetasi pohon melalui fasilitas Google Earth.

Siaran Pers  ‘Nokia Give & Grow’

Download file: nokia_give_grow_press_release_planting__bahasa_  

Dari 10.000 lebih ponsel dan aksesoris bekas yang didaur ulang, Nokia dan TES-AMM mendonasikan dana kepada WWF Indonesia untuk 10 ha program penghijauan di DAS Ciliwung

Jakarta, 2 Februari 2010 – Kampanye Nokia Give & Grow, ‘Beri Handphone, Tumbuh Pohon’, yang digulirkan Nokia Indonesia pada Agustus lalu, mencapai puncaknya pada hari ini, 2 Februari 2010 melalui penanaman 4.000 pohon yang tersebar pada 10 ha di area hulu DAS Ciliwung, Desa Cikoneng, Cisarua, Bogor.

Kampanye yang dicanangkan oleh Nokia Indonesia bekerja sama dengan TES-AMM Indonesia dan WWF Indonesia ini, berhasil mengumpulkan lebih dari 10.000 ponsel, charger dan aksesoris bekas. “Sungguh kami bangga melihat antusiasme masyarakat Indonesia yang luar biasa terhadap kampanye ini. Sebagai produsen ponsel terbesar di dunia, misi kami untuk berperan serta menyelamatkan lingkungan, tidak bisa berhasil tanpa dukungan konsumen. Dan pada hari ini, sebagai apresiasi Nokia Indonesia terhadap partisipasi masyarakat Indonesia yang telah memberikan ponsel dan aksesoris bekasnya untuk didaurulang, hasil dari kampanye ini kami kembalikan lagi kepada masyarakat melalui kegiatan penanaman pohon bersama WWF Indonesia di Dasar Aliran Sungai (DAS) Ciliwung,” demikian Bob McDougall, Country Manager Nokia Indonesia saat membuka rangkaian kegiatan penanaman pohon yang digelar bersama – sama di Desa Cikoneng, Cisarua, Puncak Bogor, hari ini.

Nokia Give & Grow bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat bahwa peran serta mereka sangat berarti dalam gerakan peduli lingkungan, dimulai dengan turut bertanggung jawab untuk memberikan ponsel dan aksesoris yang tidak lagi terpakai untuk didaur-ulang. Lebih lanjut Bob McDougall menambahkan, “Hal ini sejalan dengan komitmen Nokia yang selalu mengutamakan aspek lingkungan hidup dalam menjalankan semua fungsi bisnisnya.”

Bambang N. Gyat, Country Representative TES-AMM Singapore mengungkapkan kebanggaannya sebagai partner Nokia Indonesia dalam kampanye Nokia Give & Grow ini. “TES AMM sangat bangga telah digandeng menjadi partner Nokia di dalam kampanye Nokia Give & Grow ini. Kami juga tidak menyangka akan tingginya antusiasme yang ditunjukkan masyarakat Indonesia mengenai kampanye daur ulang ponsel dan aksesoris ini yang nyata-nyata terlihat dari banyaknya jumlah ponsel serta aksesoris bekas yang kami terima.”

Nokia Indonesia dan TES AMM Indonesia mendanai program NEWtrees – penghijauan di DAS Ciliwung – yang digagas oleh WWF Indonesia untuk menandai puncak kampanye Nokia Give & Grow ini.

Nazir Foead, Director of Governance, Community & Corporate Engagement WWF Indonesia yang juga hadir pada seremoni tersebut mengatakan, “Setiap individu mempunyai andil menyelamatkan lingkungan. Kampanye daur ulang ponsel dan aksesoris bekas yang dilakukan Nokia Give & Grow ini dapat membangun kesadaran akan kekuatan peran positif setiap individu dan memberikan sesuatu yang berarti kepada lingkungan melalui program NEWtrees untuk melakukan restorasi di DAS Ciliwung.

Penghijauan ini sebagai bentuk partisipasi atas program One Man One Tree yang dicanangkan oleh  Presiden SBY pada November 2008. Kami berharap, langkah ini akan membawa perubahan ke arah yang lebih baik bagi kita bersama.”

Sebanyak 4.000 pohon akan ditanam di DAS Ciliwung dengan luas 10 ha. “Kami berharap, restorasi kawasan DAS Ciliwung dengan penanaman pohon-pohon tersebut, dapat memberikan kontribusi sebagai satu langkah konkrit kita bersama untuk menyelamatkan lingkungan,” ungkap Nazir. “Masyarakat yang sudah berpartisipasi di dalam kampanye Nokia Give & Grow ini dapat memonitor secara langsung perkembangan pohon yang ditanam melalui http://www.wwf.or.id/newtrees yang diakses via internet,” tambahnya.

Direktur Jenderal Rehabilitasi Lahan dan Perhutanan Sosial (RLPS) Departemen Kehutanan Ir. Indriastuti, M.M menyatakan apresiasinya atas partisipasi masyarakat merehabilitasi lahan di DAS Ciliwung sebagai penyangga sistem kehidupan penting, “Kampanye Give and Grow serta NEWtrees memberikan dukungan tidak ternilai kepada penyelamatan DAS Ciliwung yang sangat vital bagi DKI Jakarta, Bogor dan kawasan sekitarnya.”

“Kerjasama yang telah dirintis diharapkan mampu membuat kita berbuat lebih baik lagi untuk menyelamatkan keanekargaman hayati, meningkatkan kesadaran publik, serta meningkatkan kapasitas pemantauan dan evaluasi program melalui optimalisasi teknologi informasi. Harapan kami, terobosan penting di DAS CIliwung ini bisa dijadikan model untuk DAS lainnya,” ujarnya.

Sebagai bentuk apresiasi Nokia Indonesia terhadap partisipasi masyarakat Indonesia dalam kampanye Nokia Give & Grow, sebuah sertifikat diberikan kepada setiap konsumen yang disertai dengan ordinat titik area penanaman pohon. Dimana konsumen dapat memantau pertumbuhan pohon tersebut.

Selanjutnya, melalui WWF Indonesia, Nokia Indonesia bersama konsumennya akan melanjutkan penanaman hingga mencakup 10 ha DAS Ciliwung. Meskipun kampanye Nokia Give & Grow telah selesai di bulan November 2009, masyarakat dapat terus mendukung pelestarian lingkungan dengan memberikan ponsel bekasnya ke 97 Nokia Care Centre yang ada di Indonesia. Untuk informasi Nokia Care Centre terdekat, kunjungi http://www.nokia.co.id/carecenters, atau hubungi Careline (021) 526 6542.

—oo00oo—

Tentang Nokia
Nokia adalah pionir di telekomunikasi bergerak dan pemimpin perangkat seluler di seluruh dunia. Saat ini, Nokia menyatukan semua orang dengan cara yang baru dan berbeda – memanfaatkan teknologi bergerak yang canggih dengan layanan pribadi yang memungkinkan semua orang untuk tetap dekat dengan berbagaihal yang penting bagi mereka. Nokia juga menyediakan peta informasi digital secara komprehensif melalui‐ NAVTEQ; dan perangkat, solusi dan layanan untuk jaringan komunikasi melalui Nokia Siemens Networks.

Nokia Indonesia
Jodie Otania
Tel: +62-21-3040-9700
Email: jodie.otania@nokia.com

R&R Communications
Rika M. Novriadi
Tel: (62-21) 7263109-11 Fax: (62-21) 7279 3926
Email:rika.novriadi@rikadanrekan.com

Juni 2011

Nokia lanjutkan program Give & Grow 

Sumber: http://www.bisnis.com/15 Juni 2011 

JAKARTA: Vendor handset global, Nokia, kembali mengajak masyarakat Indonesia peduli lingkungan melalui kampanye program daur ulang Nokia Give & Grow 2011.

Produsen perangkat komunikasi ini akan bekerja sama dengan Kementrian Kehutanan, World Wildlife Fund (WWF)-New Trees, dan Tes Amm.

Country Manager Nokia Indonesia Bob McDougall mengatakan kampanye Nokia Give & Grow telah dilaksanakan sejak 2009.

Tahun ini, program tersebut digelar bersamaan dengan peringatan Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia (The World Day To Combat Desertification and Drought).

Menurut dia, Nokia berusaha untuk terus berperan dalam program mendukung kelestarian lingkungan dan pencegahan degradasi lahan dengan berbagai kegiatan mulai dari kegiatan operasional, produksi, penggunaan bahan, hingga penggunaan solusi teknologi.

Selain itu, Nokia juga mengajak lebih dari 1 miliar penggunanya untuk ikut serta mengambil langkah nyata mengurangi degradasi lingkungan melalui program daur ulang yang bertanggung jawab.

“Ini sejalan dengan berbagai program Kementrian Kehutanan dalam upaya pelestarian lingkungan. Kampanye Nokia Give & Grow dengan slogan beri handphone, tanam pohon, akan mendedikasikan 10.000 pohon untuk ditanam di DAS Ciliwung atas nama konsumen yang berpartisipasi,” ujarnya, hari ini.

Menteri Kehutanan H. Zulkifli Hasan menyatakan hingga kini pihaknya telah melakukan penanaman sebanyak 1,3 miliar pohon dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan.

Pihaknya sangat mendukung program Nokia Give & Grow yang memberikan kesadaran dan motivasi kepada masyarakat untuk menanam pohon dalam rangka rehabilitasi hutan, lahan, dan menjadi solusi degradasi lahan. (arh)

Nokia tanam 10.000 pohon di tepi Ciliwung 

 Sumber: http://www.bisnis.com/16 Juni 2011 

JAKARTA: Nokia Indonesia berhasil menanam 10.000 pohon di DAS Ciliwung untuk mendukung konservasi air, tanah, dan reboisasi melalui kampanye Give dan Grow di Indonesia yang dimulai sejak 2009 lalu.

Bob McDaugall, Country Manager Nokia Indonesia mengatakan kampanye ini mengajak masyarakat untuk turut melestarikan lingkungan melalui partisipasi dalam kegiatan daur ulang ponsel atau aksesoris yang tidak terpakai.

“Setiap ponsel atai aksesoris yang diberikan mewakili satu pohon yang akan kami tanam. pohon tersebut bisa dipantau melalui ponsel anda bagaimana perkembangannya dan ditanam di mana,” ujarnya, hari ini.

Kegiatan ini dilakukan bekerjasama dengan World Widelife (WWF), Tes Amm, dan Kementerian Kehutanan untuk menanam satu pohon untuk setiap produk ponsel dan aksesoris yang tidak terpakai.

Nokia global sendiri telah banyak menanam pohon di Indonesia, pada 2008 ditanam pohon pada area seluas 15 hektar di Kalimantan Tengah, pada 2009 hingga 2010 seluas 266 hektar di Gunung Rinjani Nusa Tenggara Barat dan 25 hektar di DAS Ciliwung. Total 306 hektar telah digunakan dari ketersediaan saat ini 700 hektar.

“Tahun ini kami menargetkan bisa menanam lebih dari 10.000 pohon lagi,” ujarnya.

Efransjah, CEO WWF Indonesia mengatakan DAS Ciliwung terpilih menjadi lokasi penanaman karena kondisinya masuk zona prioritas, area tersebut memiliki peran vital bagi hajat hidup masyarakat di Jabidetabek.

Pada kampanye ini Nokia juga menerima ponsel dan aksesoris dari merek lain. Masyarakat cukup memasukkan barang yang tidak lagi dipakai ke drop box yang tersedia di 90 Nokia Care Center di seluruh Indonesia.

Bob menambahkan penanaman 10.000 pohon tahun ini akan dilakukan pada November 2011 di DAS Ciliwung Hulu, Cisarua, Bogor. Konsumen yang ingin memonitor perkembangan pohonnya bisa melihat melalui aplikasi Ovi Maps atau http://www.nokia.mynewtrees.com. (sut)

10 ribu pohon “NEWtrees” siap ditanam di DAS Ciliwung

Sumber: http://www.wwf.or.id/  16 June 2011

Oleh: Masayu Yulien Vinanda

Jakarta (16/06)-Sebanyak 10 ribu pohon akan ditanam di daerah tangkapan air Sub DAS Ciliwung Hulu, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada bulan November 2011. Langkah penting upaya restorasi DAS tersebut merupakan perwujudan kampanye Give and Grow “Beri handphone Tumbuh Pohon” yang diinisasi oleh Nokia Indonesia.

 Program tersebut berupaya mengajak publik untuk mendonasikan ponsel, aksesoris, maupun pengisi daya baterai bekas. Sampah elektronik yang telah terkumpul lalu didaur ulang oleh TESS-AMM untuk menjadi barang-barang bermanfaat dan memiliki nilai jual. Dana yang berhasil dikumpulkan dari proses daur ulang inilah yang kemudian didonasikan untuk NEWtrees, program reforestasi WWF-Indonesia.

Saat ini DAS Ciliwung menjadi fokus utama NEWtrees. Selain karena lokasi tersebut termasuk dalam zona prioritas Departemen Kehutanan, DAS Ciliwung juga memegang peranan penting bagi hajat hidup warga Jabodetabek. Melalui upaya penghijauan, diharapkan dapat meningkatkan daya dukung DAS tersebut sekaligus mengurangi resiko terjadinya bencana alam banjir.
Menurut Country Manager Nokia Indonesia, Bob McDougall, besarnya antusiasme publik terhadap kampanye Give and Grow yang diluncurkan sejak 2009 lalu mendorong Nokia Indonesia kembali mencanangkan kampanye serupa di tahun 2011 ini. Peresmian kampanye Give and Grow 2011 dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia. Menandai peluncuran program tersebut, Nokia Indonesia akan mendedikasikan 10.000 pohon untuk ditanam atas nama konsumen yang berpartisipasi.

“Kami sudah bekerjasama dengan WWF-Indonesia khususnya program NEWtrees sejak 2009. Tidak hanya di DAS Ciliwung, sebelumnya kami juga ikut berpartispasi dalam program reforestasi di Taman Nasional dan Sebangau. Hingga kini, Nokia Indonesia sudah menanam 116 ribu pohon. Dengan adanya kampanye Give and Grow 2011, kami mengajak seluruh konsumen untuk menyumbangkan ponsel bekas mereka sebagai bentuk partisipasi mereka dalam upaya penyelamatan lingkungan,” jelas Bob.

Kampanye Give and Grow pun mendapat dukungan dari Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan. Menurutnya, program daur ulang ponsel tersebut sesuai dengan salah satu program Kementerian Kehutanan, yakni Gerakan Penanaman Satu Miliar Pohon. Melalui program tersebut, pemerintah berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk giat menanam pohon dalam rangka upaya rehabilitasi hutan dan lahan.

“Kerjasama ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran publik dan mendorong mereka untuk berbuat lebih banyak lagi dalam rangka menyelamatkan keanakeragaman hayati melalui kegiatan penanaman pohon,” imbuh Zulkifli saat peluncuran kampanye Nokia Give and Grow 2011, Rabu (15/06), di Graha Niaga, Jakarta Pusat.

 Senada dengan Menteri Kehutanan, Direktur Eksekutif Indonesia Dr. Efransjah juga menyambut baik dukungan Nokia Indonesia terhadap program reforestasi WWF-Indonesia, NEWtrees. Kampanye Give and Grow, menurutnya, mampu mendorong kesadaran dan kontribusi masyarakat terhadap upaya penyelamatan lingkungan. Sebelumnya, pada Februari 2010 lalu, 4 ribu pohon juga telah ditanam di lahan seluas 10 hektar di hulu DAS Ciliwung pada puncak kampanye Nokia Give and Grow 2009.

“Untuk mengapresiasi partisipasi konsumen terhadap program Nokia Give and Grow, WWF-Indonesia akan memberikan sertifikat yang mencantumkan ordinat pohon tersebut. Melalui fasilitas Google Earth, pemilik sertifikat dapat memantau perkembangan vegetasi pohonnya. Inilah yang membuat NEWtrees berbeda dengan program reforestasi lainnya dimana setiap individu dapat terlibat secara langsung dalam kegiatan monitoring pohon,” pungkas Efransjah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: