SGS Indonesia

Kolaborasi NEWtrees-PT. SGS Indonesia hijaukan DAS Ciliwung

Oleh: Masayu Yulien Vinanda 

Sumber:  http://www.wwf.or.id/12 June 2011

© WWF-Indonesia/Saipul Siagian

Bogor (11/06)-Program restorasi WWF-Indonesia, NEWtrees kembali mendapat dukungan dari sektor usaha. Kali ini PT. SGS Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang testing, verifikasi, dan sertifikasi sistem dan jasa, mewujudkan komitmennya mendukung upaya restorasi DAS Ciliwung. Seremoni penanaman pohon dilakukan di Telaga Saat, Puncak, Bogor, Sabtu (11/06), bersamaan dengan family gathering PT SGS. Indonesia.

Presiden Director PT SGS Indonesia Guy Escarfail, WWF-Indonesia Deputy Director of Forest, Species, and Fresh Water Program Erwin Widodo, Koordinator Program NEWtrees WWF-Indonesia Dudi Rufendi, dan perwakilan dari Perum Perhutani KPH Bogor TB Dedi juga turut menghadiri acara tersebut.

Sub DAS Ciliwung Hulu adalah salah satu prioritas NEWtrees saat ini selain Rinjani dan TN Sebangau. Tidak hanya karena area tersebut termasuk dalam zona prioritas Departemen Kehutanan, tetapi juga karena Sub DAS Ciliwung Hulu memiliki peran vital bagi hajat hidup masyarakat Jabodetabek.

“Program reforestasi NEWtrees yang digiatkan WWF-Indonesia merupakan kontribusi bagi program One Man One Tree yang dicanangkan Presiden SBY sejak November 2008 lalu. Semakin banyak pohon yang kita tanam, maka akan semakin banyak pula karbon yang akan ditangkap, yang tentunya juga oksigen yang akan dihasilkan pun semakin banyak. Hal ini merupakan langkah sederhana yang dapat kita lakukan dalam mengurangi dampak pemanasan global,” jelas Erwin Widodo.

Upaya restorasi tersebut juga diharapkan mampu meningkatkan fungsi dan daya dukung DAS sehingga dapat memperbaiki daerah tangkapan air dan mengurangi resiko bencana alam.

Sementara itu Presdir PT SGS Indonesia, Guy Escarfail menyatakan, perusahaannya selalu berupaya untuk terlibat aktif dalam isu sustainability.

“Kami percaya bahwa sustainability adalah bagaimana mengelola bisnis yang menguntungkan dalam jangka panjang dengan tetap memperhatikan dampak lingkungan, sosial, dan ekonomi yang menyertainya. Penanaman pohon ini adalah wujud komitmen kami dalam mengedepankan aspek sustainability. Tahun depan kami berencana akan menanam 3000 pohon lagi. Semoga inisiatif ini dapat senantiasa dilakukan berkesinambungan,” jelasnya.

Untuk restorasi perdananya bersama NEWtrees, PT SGS Indonesia akan menanam 2000 pohon di area seluas 5 hektar di Kampung Rawa Gede, Desa Tugu Utara, Kabupaten Bogor. Empat jenis pohon yakni Damar (Agathis alba), Suren (Toona sureni), kayu afrika (Maesopsis eminii), dan kayu manis (Cinnamomum burmanii) telah disiapkan untuk proses penanaman yang rencananya akan dilakukan pada bulan Desember 2011.

Kelompok tani Kaliwung-Kalimuncar terlibat secara aktif dalam proses penyediaan bibit, penanaman, dan pemantauan pohon. Melalui skema NEWtrees, masyarakat yang terlibat juga mendapatkan insentif yang besarannya telah disepakati oleh kedua belah pihak, WWF maupun kelompok masyarakat itu sendiri.

Publik maupun korporasi yang telah berpartisipasi dalam program NEWtrees dapat memantau pertumbuhan pohon-pohon melalui System Geotags (koordinat yang akurat) dimana perkembangan pohon yang ditanam dapat dimonitor melalui internet. Foto dan lokasi pohon-pohon yang ditanam dapat dilihat di Google Earth atau di http://www.wwf.or.id/newtrees.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: