Debit Ciliwung

Sungai kekurangan daerah tangkapan air

Oleh Mia Chitra Dinisari 

 Sumber: 25 Oktober 2011 

JAKARTA: Setidaknya sebanyak 4.472 sungai di Indonesia atau sekitar 80% dari 5.590 sungai di Indonesia memiliki daerah tangkapan sungai yang minim atau kurang dari 500 km2.

Akibatnya, kondisi sungai tersebut amat rentan terjadi banjir karena aliran sungai umumnya tidak dapat menampung kapasitas air jika terjadi curah hujan yang cukup tinggi.

Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum Mochammad Amron mengatakan selain banyaknya sungai yang memilik tangkapan air yang minim, beberapa sungai besar di Indonesia juga ada yang dalam kondisi kritis.

Dia mencotohkan sungai Ciliwung yang pada musim kemarau kapasitasnya hanya 0,1 m3/detik, atau kira-kira 100 liter/detik, sedangkan pada musim hujan 350 m3/detik. Padahal, di Sungai Cisadane yang lebih panjang dari Ciliwung pada musim kemarau masih ada air 1m3/detik dan musim hujan 1.100 m3/detik.

“Kondisi sungai di Indonesia juga umumnya pendek dengan kemiringan yang curam, sehingga rentan terhadap berbagai masalah. Misalnya aktivitas erosi dan sedimentasi di sungai yang sangat tinggi akibat kondisi geologi relatif muda dan iklim tropis,” ujarnya.

Penyebab utama kondisi sungai yang kurang baik itu, menurut Amron terjadi karena kekurangpahaman hubungan timbal balik antara air dan lahan, yang ditandai dengan pemanfaatan dataran banjir tanpa pengaturan dan antisipasi terhadap resiko banjir.

Hal lainnya, yakni okupasi lahan di sempadan sungai yang berakibat terjadinya penurunan kapasitas palung sungai karena pendangkalan dan penyempitan oleh sedimentasi, sampah, dan gangguan aliran. (sut)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: