Jokowi dan Ciliwung

Agustus 2013

Jokowi Sumringah Saat Patroli Sampah di Sungai Ciliwung

Penulis : Fabian Januarius Kuwado 
Sumber: http://megapolitan.kompas.com/ 14 Agustus 2013 

0820527Jokowi-Ciliwung780x390

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menaiki perahu karet saat acara pembersihan Sungai Ciliwung, Rabu (14/8/2013). | Fabian Januarius Kuwado

JAKARTA, KOMPAS.com — Wajah Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo terlihat sumringah ketika menyusuri Sungai Ciliwung bersama Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Moeldoko dan Wakil Menteri Pekerjaan Umum (Wamen PU) Hermanto Dardak. Ketiganya diangkut perahu karet milik Kopassus.

Acara menyusuri Ciliwung itu merupakan Karya Bhakti Pembersihan Sungai Ciliwung yang dilakukan oleh TNI Angkatan Darat. Penyusuran sungai berlangsung mulai dari bawah flyover Kalibata, perbatasan Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, hingga Bidaracina.

Pantauan Kompas.com, Rabu (14/8/2013) pagi, Jokowi mengenakan pelampung warna oranye sebelum naik ke perahu karet. Diikuti beberapa perahu lain yang mengangkut tim Kopassus dan media, perahu yang ditumpangi Jokowi kemudian berayun-ayun mengikuti arus sungai.

Mereka memantau kondisi Sungai Ciliwung. Setelah itu, ratusan petugas kebersihan bersama personel TNI diterjunkan untuk melakukan pembersihan sungai.

Sebelum menyusuri Ciliwung, Jokowi mengatakan sudah berdiskusi dengan Wamen PU dan KSAD untuk melakukan patroli sungai. Tujuannya untuk mengontrol keberadaan sampah di tiap alirannya.

“Kita sudah sepakat melakukan patroli sampah di sungai. Kita mulai hari ini. Personelnya dari gabungan, Pemda dan TNI ikut semua,” ujar Jokowi.

November 2013

Jokowi: Apa pun Saya Berikan Asal Keasrian Sungai Ciliwung Kembali

Sumber: http://www.tribunnews.com/10 November 2013 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Joko “Jokowi’ Widodo, mendukung keinginan warga bantaran Kali Ciliwung, Bale Kambang, Condet, Jakarta Timur, untuk mengembalikan keasrian kawasan tersebut.

“Jadi yang dimau dari komunitas seperti apa ? Kalau mau dikembalikan (seperti dulu), 100 persen saya berikan dukungan penuh,” ucap Jokowi, Minggu (10/11/2013) di acara Konvervasi Tumbuhan Lokal Bantaran Kali Ciliwung, Condet, Bale Kambang, Jakarta Timur

Apabila warga membutuhkan bantuan seperti bibit, Jokowi bersedia membantu. Terlebih warga juga mendapatkan pendampingan dari Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI).

“Apa yang dibutuhkan, saya sediakan. Butuh bibit atau SK lahan akan digunakan untuk cagar budidaya salak, durian Condet dan lainnya. Akan saya siapkan,” tegas Jokowi.

Jokowi menambahkan, pihaknya bersedia menyiapkan apa yang dibutuhkan warga asalkan warga bantaran yang memelihara, merawat, menanam serta menjaga dan bisa dijadikan contoh di wilayah lainnya.

“Saya sudah dua kali susurin sungai Ciliwung ya memang sedih, lebih banyak gak bersihnya sampah dari kawasan atas juga ada. Saya titip masyarakat kalau buang sampah, saya pesan jangan buang sampah di selokan, sungai kecil dan besar di Cliwung,” katanya.

Lagi, Jokowi dan TNI Blusukan di Kali Ciliwung

Sumber: http://www.tempo.co/ 14 November 2013  

175859_620

Jokowi bersama Danjen Kopassus Mayor Jenderal TNI Agus Sutomo menyusuri sungai Ciliwung saat mengunjungi markas Kopassus di Cijantung, Jakarta, (5/4). Kedatangan Jokowi untuk melihat kegiatan pengolahan sampah terpadu serta menyusuri sungai Ciliwung sebagai objek wisata sungai Ciliwung. TEMPO/Eko Siswono Toyudho

TEMPO.CO, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo bersama Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat Mayor Jenderal Meris Wiryadi melakukan patroli Kali Ciliwung di Jakarta Barat. Ini kedua kalinya setelah dua bulan lalu mereka juga menyusuri kali yang sama di wilayah Jakarta Selatan.

Jokowi berharap kegiatan ini bisa memotivasi masyarakat untuk sadar lingkungan. “Karena kunci bebas banjir itu ya di masyarakat,” ujar mantan Wali Kota Solo ini. (Baca: 10 Langkah Jokowi Antisipasi Banjir)

Menurut pantauan Tempo, beberapa kapal motor tempel sudah disiapkan di Kali yang terletak di belakang pusat perbelanjaan Season City, Jakarta Barat, tersebut. Bahkan, beberapa tentara juga bersiaga dengan perlengkapan serupa di sepanjang Kali Ciliwung yang ada di dekat Hotel Shangri-La. Berangkat dari rumah dinas sekitar pukul 07.30 WIB, Jokowi tiba di lokasi pukul 08.00 WIB. Mengenakan kemeja lengan putih dipadu pentolan hitam dan sepatu olahraga, Jokowi menyempatkan diri berkeliling di sekitar mal untuk menyapa warga.

Mayor Jenderal Meris Wiryadi mengatakan acara bersih kali ini dilakukan untuk menyadarkan masyarakat agar tidak buang sampah sembarangan. Sekaligus persiapan memasuki musim penghujan, di mana ancaman banjir masih menghantui Ibu Kota. “Ada 4.500 personel TNI AD yang disiapkan dalam agenda ini,” kata Meris di Jakarta pada Kamis, 14 November 2013. Selain itu, ada 2.500 orang unsur masyarakat, warga sekitar, plus 500 petugas Dinas Kebersihan dilibatkan.

Rencananya, patroli kali ini akan dibagi dalam empat sektor dari Kali Ciliwung di Pluit, Jakarta Selatan, hingga Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan. Pembagiannya, sektor I mulai dari Pintu Air Manggarai hingga Jembatan Tinggi. Kemudian sektor II dari Jembatan Tinggi sampai Roxy. Sektor III dari Roxy hingga Kali Jodoh, dan terakhir dari Kali Jodoh sampai Pluit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: