IVDR

Relawan Indonesia Bersih-Bersih Sampah, Foke ‘Hanya’ Kunjungan Tiap Kali Banjir

Sumber: http://beningpost.com/ 04 Desember 2011  

Untuk memperingati hari Relawan Internasional, sejumlah masyarakat yang tergabung dalam Relawan Indonesia Volunteers for Disaster Relief bersama Warga Bantaran Kali Ciliwung kawasan Kalibata-Kampung Melayu, Jakarta, Minggu (4/12) melakukan aksi membersihkan sampah yang mengendap di sepanjang Kali Ciliwung.

Aksi kemanusiaan ini bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat Jakarta, khususnya yang berada di bantaran Kali Ciliwung untuk mengantisipasi adanya bencana langganan, yakni banjir.

“Relawan ini bertujuan untuk membantu juga untuk memberikan pemahaman serta kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan. Selain itu juga menegur pemerintah agar lebih fokus pada kinerjanya” tutur Joko Ardi, ketua pelaksana aksi membersihkan sampah.

Selain bersih-bersih, juga ada agenda menyusuri Kali Ciliwung menggunakan perahu karet. Sejauh pengamatan BeningPost, Kali Ciliwung masih tak ada perubahan seperti sebelumnya. Banyak sampah yang mengambang, menggantung di pohon, bahkan menggunung di pinggiran kali.

Maka tak ayal banjir selalu menjadi langganan tiap musim hujan tiba. Pemerintah Daerah dalam hal ini Fauzi Bowo pun kerap melakukan ‘kunjungan’ ke lokasi.

“Iya, Pak Fauzi selalu datang ke sini tiap kali ada banjir. Bahkan bisa dibilang rutin.”ucap warga sekitar yang tak menyebutkan namanya.

Sejauh ini, kata laki-laki berusia lima puluhan itu, Foke hanya melakukan kunjungan saja.

Foke, begitu sapaan akrab Fauzi Bowo, belakangan berjanji siap menghadapi banjir, padahal banjir harus dicegah dan diatasi bukan dihadapi.

Relawan Bersihkan Sampah di Kali Ciliwung

Sumber:  4 Desember 2011 

Relawan Indonesia Volunteers for Disaster Relief bersama Warga Bantaran Kali Ciliwung kawasan Kalibata-Kampung Melayu, Jakarta, Minggu (4/12) melakukan aksi membersihkan sampah yang mengendap di sepanjang Kali Ciliwung. Aksi yang dilakukan ini sekaligus untuk memperingati hari Relawan Internasional dan mengajak seluruh masyarakat Jakarta, khususnya yang berada di bantaran Kali Ciliwung untuk mengantisipasi adanya bencana. (yogi/sir)


Relawan IVDR Gelar Aksi Bersih di Kali Ciliwung

Sumber: http://www.fauzibowo.com/ 05 Desember 2011

Sekitar 100 relawan yang tergabung dalam Indonesian Volunteers For Disaster Relief menggelar aksi pembersihan sampah di Kali Ciliwung, Kalibata, DKI Jakarta, Minggu (4/12/2011).

Mereka juga membagikan brosur yang berisi ajakan kepada warga untuk tidak membuang sampah di kali.

Aksi ini digelar untuk menyambut Hari Relawan Intermasional, kata Manajer Operasional IVDR Chairul Wahid.

Ia mengatakan, aksi pembersihan sampah di bantaran kali Ciliwung dilakukan mengingat saat hujan melanda Ibu Kota, kawasan permukiman di sepanjang kali tersebut kerapkali kebanjiran.

“Banjir disebabkan sampah yang menumpuk di Kali Ciliwung sehingga menghambat aliran air,” kata Chairul Wahid kepada wartawan.

Chairul memperkirakan, banjir bakal melanda sejumlah permukiman warga di Jakarta dalam waktu dekat.

“BMG memprediksi banjir yang akan melanda Ibu Kota akibat curah hujan yang tinggi selama Desember 2011 hingga Februari 2012 merupakan siklus lima tahunan,” ujarnya.

Karena itu, menurut Chairul, apabila sampah di dalam Kali Ciliwung tidak segera diangkut, banjir besar tidak bisa terelakkan lagi.

“Banyak barang rongsok seperti kulkas, kasur bekas, dan batang pohon besar di sepanjang aliran Kali Ciliwung,” tuturnya.

Chairul menambahkan, pihaknya juga memberikan brosur kepada warga yang melintas di sepanjang Jalan Kalibata untuk mengajak warga tidak membuang sampah sembarangan terlebih di dalam kali.

“IVDR mengajak warga menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan khususnya ke kali karena merugikan banyak orang,” tambahnya.

Aksi bersih di bantaran Kali Ciliwung, Kalibata, dilakukan dengan mengerahkan sekitar 100 relawan dan dua perahu karet. (bdl)

Relawan Bersihkan Kali Ciliwung

Sumber: http://ciluk-ba.com/ 6 December  2011

Ratusan relawan yang tergabung dalam Relawan Indonesia melakukan aksi membersihkan sampah di sepanjang Kali Ciliwung, Minggu (4/12/2011). Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Relawan Internasional.

Relawan Indonesia membersihkan sampah yang menumpuk di sepanjang kali Ciliwung. (Angga).

Para relawan memunguti sampah plastik yang menumpuk di kali Ciliwung. (Angga).

Dalam kegiatan tersebut, para relawan juga mengajak masyarakat Jakarta khususnya yang berada di sekitar bantaran kali Ciliwung untuk menjaga lingkungan. (Angga).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: