PKK

Ibu-ibu Tulang Punggung Kebersihan Kali Ciliwung

Sumber:  http://megapolitan.kompas.com/21 November 2009 

KOMPAS.com/Caroline Damanik
Ketua PKK RW 7 Kelurahan Lenteng Agung, Tri, di depan lahan eks pembuangan sampah di bantaran kali Ciliwung.

JAKARTA, KOMPAS.com — Para ibu di RW 7 dan RW 8 Kelurahan Lenteng Agung dinobatkan sebagai tulang punggung kebersihan lingkungan oleh para warganya. Mereka yang tergabung dalam Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) aktif membersihkan lingkungan di bantaran hulu Kali Ciliwung.

Ketua RW 7 Sutarno mengatakan, awalnya pembersihan bantaran kali sulit dilakukan karena warga sendiri masih rendah tingkat kesadarannya. Namun, ketika ada larangan dari Pemprov DKI Jakarta untuk membuang sampah di bantaran kali, termasuk ke sungai, warga mulai mengerti. Bahkan, para ibu mulai memelopori.

“Penunjang di sini ibu-ibu. Karena mereka kan banyak di rumah. Mereka kreatif juga, contohnya siapa yang enggak ikut kerja bakti denda, tapi uangnya untuk kas,” tutur Sutarno ketika ditemui di bantaran Kali Ciliwung, Sabtu (21/11).

Para ibu juga menjadi pegiat ketika lahan kosong di bantaran kali yang biasa dipakai sebagai tempat pembuangan sampah harus ditutup. Mereka membersihkan dan membakar sampah bersama.

Menurut Ketua PKK RW 7, Tri, para ibu pada dasarnya juga aktif dalam kegiatan Jumat bersih setiap dua minggu sekali. Di RW-nya ada sekitar 60-70 ibu-ibu yang aktif dan peduli membersihkan lingkungan. Mereka sendiri yang akhirnya merasakan manfaatnya secara langsung, baik untuk diri sendiri maupun keluarga.

“Tiap rakor kita sering didatangi puskesmas, dikasih tahu di RT ini yang kena demam berdarah sekian. Misalnya Lenteng Agung garis merah. Tapi kalau bersih jadi menurun,” ungkap istri Sutarno ini.

Sementara itu, Narsiah, warga Jalan Camat Gabun II RT 3 RW 8, mengaku senang ketika disiplin tak membuang sampah ke kebun di bantaran kali. Sejak tiga bulan lalu, mereka sudah belajar disiplin membuang sampah di suatu tempat untuk segera diangkut oleh truk pengangkut sampah milik Pemprov.

“Ya kita senang juga, orang biar kalinya bersih,” tuturnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: