Pramuka

 September 2011

Pramuka Depok Bersihkan Kali Ciliwung

Andy Riza Hidayat | Robert Adhi Ksp

Sumber:http://nasional.kompas.com/ 24 September 2011 

Andy Riza Hidayat/KOMPAS
Anggota pramuka Depok membersihkan Kali Ciliwung dari tumpukan sampah di Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depk, Sabtu (24/9/2011).

DEPOK, KOMPAS.com – Anggota gerakan pramuka Depok beserta aparat Pemerintah Kota Depok membersihan Kali Ciliwung dari tumpukan sampah di bantaran dan di aliran sungai. Mereka mengumpulkan sampah yang kemudian diangkut satuan tugas banjir Kota Depok.

“Sampah di Ciliwung banyak sekali. Ini harus dibersihkan, apalagi menjelang musim hujan. Jika tidak, maka bahaya banjir semakin mengancam” kata Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Depok Sariyo Sabani, Sabtu (24/9/2011) di lokasi pembersihan Kali Ciliwung di Depok.

Selain sejumlah aparat pemerintah, kegiatan ini diikuti sekitar 100 anggota pramuka dari seluruh wilayah di Depok. Kegiatan berlangsung sejak pukul 08.00 sampai saat ini masih berlangsung.

Kegiatan bersih-bersih kali dipusatkan di sekitar Jembatan Panus, tepatnya di sekitar tempat pemantauan ketinggian permukaan air kali. Hadir dalam acara ini Wakil Wali Kota M Idris Abdul Shomad dan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Depok Rahmat Subagyo, Komandan Satuan Tugas Banjir Sadar.

Desember 2011

700 Pramuka Terlibat “Ciliwung Satu Aksi”

Sumber foto: http://www.facebook.com/

 

700 Pramuka Ikut Aksi Bersih Sungai Ciliwung 

Sumber: http://indrapramuka.blogspot.com/ Januari 2012 

Jakarta, (31/12). Walikota Jakarta Pusat, Bapak Saefullah membuka secara resmi “Satu hari yang Indah di sepanjang Ciliwung” di Kawasan pertokoan Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Kegiatan Ciliwung Satu Aksi merupakan kegiatan utama karena diadakan pembersihan sungai Ciliwung secara serempak di 13 titik di wilayah provinsi DKI Jakarta, antara lain: Lenteng Agung, Tanjung Barat, Condet balekambang, Buluh, Tanjung (Cililitan), Muara Ciliwung, Rawa Jati, Cawang, Kampung Melayu, Menteng Tengulun, Bukit Duri, Pasar Baru, Johar Baru yang melibatkan 700 anggota Pramuka se-kwartir cabang DKI Jakarta.

Kegiatan bersama pembersihan sungai ciliwung di Pasar Baru antara lain dari Basarnas, TNI, kelompok senam Jantung Ibu-Ibu Sehat, komunitas pencinta Ciliwung, KPC, Pramuka kwarcab Jakarta Pusat dan Jakarta Utara, Forkabi Jakarta Pusat, Tagana Jakarta Pusat, Pemuda Pancasila, Karang Taruna, Jajaran Kodim 0501, Kapolres Jakarta Pusat.

“Di Jakarta Pusat sendiri kegiatan ini disebut Festival Ciliwung 2011 ditandai dengan kerjabakti di 3 (tiga) titik, yaitu Sawah Besar-Pasar baru, Joharbaru, Menteng Tenggulun”. Ungkap Saefullah.

“Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi sinergi Pemerintah Kota Jakarta Pusat dengan masyarakat dan Instansi-instansi lain terutama dalam rangka memasuki musim penghujan yang dikhawatirkan terjadi bencana banjir mengingat bencana itu terjadi kapan saja, kita harus siap mengantisipasinya sebelum terjadi dan kita maksimal mungkin dapat mengatasi bila bencana itu terjadi,” tegas Saefullah.

“Saya berharap pula kegiatan ini dapat menjadi pendorong peranserta masyarakat dalam menjaga lingkungan sebagai bentuk antisipasi banjir”, Ungkap Saefullah

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang dalam hal ini Pemerintah Administrasi Jakarta Pusat bersama Jakarta Glue dan komunitas ciliwung mengadakan Festival Ciliwung 2011 yang mana dipusatkan di pertokoan pasar baru dan sepanjang sungai ciliwung.

Kegiatan ini sangat kreatif dan inovatif mengingat dalam pelaksanaan kegiatan dikemas dalam berbagai bentuk, seperti kerja bakti masal, lomba mewarnai antar TK dan PAUD se-kecamatan Sawah besar, atraksi sulap dan dongeng, marawis, serta kebersihan lingkungan dan berbagai kegiatan lainnya yang diakhiri dengan kembang api pesta rakyat pada saat pergantian tahun. (haerudin)
Sumber: Humas Kwarnas


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: