Resimen Mahasiswa

Maret  2012 

HUT ke 50, Menwa Gandeng Gubernur Atasi Banjir 

Oleh: Wahyu Praditya Purnomo  

Sumber: http://m.inilah.com/ 12 Maret 2012

INILAH.COM, Jakarta – Menyambut HUT ke 50 Resimen Mahasiswa Jakarta Raya (Menwa Jaya), menggelar aksi bersih-bersih kali Ciliwung, guna mengatasi banjir. Dalam Aksi ini Menwa mengajak serta Gubernur DKI, Fauzi Bowo.

Komandan Menwa Jaya, Lukman Hakim, mengatakan, beberapa rangkaian aksi bersih-bersih dilakukan Menwa untuk menyambut HUT Menwa ke 50. Kegiatan bersih-bersih yang dilakukan, meliputi pembersihan bantaran kali Ciliwung dari sampah, penghapusan tulisan grafiti dan menutup dua tempat pembuangan sampah liar di Kelurahan Gedong dan Balekambang, yang ada di bantaran Kali Ciliwung, seperti yang dilakukan pada Sabtu (10/3/2012) lalu.

“Kami juga menyusuri Kali Ciliwung menggunakan dua rakit yang terbuat dari bambu dan ban dalam. Dengan rakit kami membersihkan sampah dari kali. Kami juga menanam 800 pohon pelindung di bantaran kali,” katanya.

Menurutnya, dalam aksi tersebut, 2000 personil gabungan, diantaranya 500 anggota Menwa, 1.500 anggota terdiri dari pelajar, TNI dan jajaran Pemprov DKI. “Saat ini terdapat 2.800 anggota yang berasal dari 22 perguruan tinggi negeri dan swasta,” jelas Lukman Hakim.

Sementara itu Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, mengatakan, Menwa Jaya di usianya yang memasuki setengah abad ini telah menjadi tempat pembinaan jiwa raga dan mental spritiual yang efetif bagi mahasiswa. Bekerjasama dengan Pemprov DKI dan Kodam Jaya, Menwa Jaya kini melakuan aksi bersih-bersih kali Ciliwung.

Dirinya pun mengaku bangga karena Menwa menjadi patron dan koordinator untuk menjaga kebersihan, keasrian Ciliwung. Terutama mulai dari titik jembatan di Jalan Simatupang hingga Balekambang. Kegiatan ini diharapkan dapat jadi contoh yang baik bagi elmen mahasiswa dan pelajar ibukota.

Seementara itu, kegiatan yang dipusatkan di Markas Resimen Induk Kodam Jaya (Rindam Jaya) juga diwarnai aksi penanaman 800 pohon pelindung. Bahkan mereka juga melakukan aksi bersih-bersih coretan di dinding, tembok, jembatan penyeberangan orang (JPO) dan flayover Pasarrebo.[dit]

Gubernur Fauzi dan Menwa Gelar Aksi Bersih-bersih Ciliwung

Sumber: http://www.pelitaonline.com/  12 Maret 2012 

Jakarta, Pelita
Menyambut HUT ke 50 Resimen Mahasiswa Jakarta Raya (Menwa Jaya), sedikitnya 2000 personil gabungan menggelar aksi bersih-bersih Kali Ciliwung, Sabtu (10/3). Kegiatan yang dipusatkan di Markas Resimen Induk Kodam Jaya (Rindam Jaya) juga diwarnai aksi penanaman 800 pohon pelindung. Bahkan mereka juga melakukan aksi bersih-bersih coretan di dinding, tembok, jembatan penyeberangan orang (JPO) dan flayover Pasarrebo.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, mengatakan, Menwa Jaya di usianya yang memasuki setengah abad ini telah menjadi tempat pembinaan jiwa raga dan mental spritiual yang efetif bagi mahasiswa. Bekerjasama dengan Pemprov DKI dan Kodam Jaya, Menwa Jaya kini melakuan aksi bersih-bersih kali Ciliwung. Ia mengaku bangga karena Menwa menjadi patron dan koordinator untuk menjaga kebersihan, keasrian Ciliwung. Terutama mulai dari titik jembatan di Jl Simatupang hingga Balekambang. Kegiatan ini diharapkan dapat jadi contoh yang baik bagi elmen mahasiswa dan pelajar ibukota.

“Pada tahun 1966 saya juga pernah menjadi anggota Menwa. Hanya saja saat itu kartu tanda anggotanya tidak dibagikan ke anggota. Karena saat itu memang administrasinya belum tertata rapih. Namun saat ini, organisasi sudah tertata rapih, jauh lebih baik dari sebelumnya. Menwa juga terus menjalin kerjasama berbagai institusi, mulai dari Pemprov DKI TNI, Polri dan sebagainya,” kata gubernur saat memimpin aksi bersih-bersih kali Ciliwung tersebut.

Komandan Menwa Jaya, Lukman Hakim, mengatakan, aksi bersih-bersih ini rangkaian untuk kegiatan bulan Mei mendatang yang lebih akbar. Kegiatan tersebut meliputi pembersihan bantaran kali Ciliwung dari sampah, penghapusan tulisan grafiti dan menutup dua tempat pembuangan sampah liar di Kelurahan Gedong dan Balekambang, yang ada di bantaran Kali Ciliwung.

“Kami juga menyusuri Kali Ciliwung menggunakan dua rakit yang terbuat dari bambu dan ban dalam. Dengan rakit kami membersihkan sampah dari kali. Kami juga menanam 800 pohon pelindung di bantaran kali,” katanya.

Menurutnya, jumlah anggota Menwa di DKI saat ini sebanyak 2.800 anggota yang berasal dari 22 perguruan tinggi negeri dan swasta. Namun yang aktif dalam kegiatan kali ini sekitar 500 an personil. Selebihnya berasal dari unsur pelajar, TNI dan jajaran Pemprov DKI hingga seluruhnya mencapai 2000 personil gabungan. (kim)

Bersih-Bersih Ciliwung Waspada Cuaca Buruk

Sumber: http://www.indopos.co.id/

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo kemarin bergabung dengan ribuan anggota Resimen Mahasiswa Jakarta Raya (Menwa Jaya) membersihkan Kali Ciliwung, Jakarta Timur. Selain acara bersih-bersih, juga menanam ratusan pohon di bantaran kali. Kegiatan sosial tersebut dalam rangka menyambut HUT ke 50 Menwa Jaya.

Kegiatan tersebut dikoordinir langsung oleh Markas Resimen Induk Kodam Jaya (Rindam Jaya) yang juga menyiapkan 800bibit tanaman keras. Aksi bersih-bersih yakni dengan memungut sampah, membersihkan coretan di dinding, tembok, hingga ke jembatan penyeberangan orang (JPO) dan, flayover Pasarrebo.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, mengatakan, Menwa Jaya di usianya yang memasuki setengah abad ini telah menjadi tempat pembinaan jiwa raga dan mental spritiual yang efetif bagi mahasiswa. Bekerjasama dengan Pemprov DKI dan Kodam Jaya, kegiatan Menwa Jaya mebersihkan kali Ciliwung dinilai tepat.

Foke, panggilan akrab Fauzi Bowo, mengaku bangga karena Menwa menjadi patron dan koordinator untuk menjaga kebersihan, keasrian Ciliwung. Terutama mulai dari titik jembatan di Jalan Simatupang hingga Balekambang. Kegiatantersebut diharapkan dapat menjadi contoh yang baik bagi elmen mahasiswa dan pelajar ibukota.

Gubernur berkumis itu mengaku pernah menjadi anggota menwa pada tahun 1966. Hanya saja saat itu dia tidak memegang kartu tanda anggota karena tidak dibagikan. Karena saat itu memang administrasinya belum tertata rapih. Namun saat ini, organisasi tersebut sudah tertata rapih, jauh lebih baik dari sebelumnya. ”Menwa juga terus menjalin kerjasama berbagai institusi, mulai dari Pemprov DKi, TNI, Polri dan sebagainya,” kata gubernur saat memimpin aksi bersih-bersih kali Ciliwung.

Komandan Menwa Jaya, Lukman Hakim, mengatakan, aksi bersih-bersih ini rangkaian untuk kegiatan bulan Mei mendatang yang lebih akbar. Kegiatan tersebut meliputi pembersihan bantaran kali Ciliwung dari sampah, penghapusan tulisan grafiti dan menutup dua tempat pembuangan sampah liar di Kelurahan Gedong dan Balekambang, yang ada di bantaran Kali Ciliwung.

“Kami juga menyusuri Kali Ciliwung menggunakan dua rakit yang terbuat dari bambu dan ban dalam. Dengan rakit kami membersihkan sampah dari kali. Kami juga menanam 800 pohon pelindung di bantaran kali,” katanya. Menurutnya, jumlah anggota Menwa di DKI saat ini sebanyak 2.800 anggota yang berasal dari 22 perguruan tinggi negeri dan swasta. Namun yang aktif dalam kegiatan kali ini sekitar 500 an personil. Selebihnya berasal dari unsur pelajar, TNI dan jajaran Pemprov DKI hingga seluruhnya mencapai 2000 personil gabungan.(dni)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: