Transformasi Hijau

Transformasi Hijau, Jangan cuma ke Mal!

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/  11 April 2012 

Di mana sahabat Move biasa menghabiskan akhir pekan? Mal atau ruang terbuka? Kalian yang tinggal di perkotaan lazimnya memilih pusat perbelanjaan daripada taman kota ya! Apalagi, ruang publik seperti taman kota yang tersedia kebanyakan tidak terawat dan kurang nyaman saat didatangi.

Hal ini juga yang menjadi perhatian teman-teman dari Trashi, atau Transformasi Hijau. Berawal dari sekumpulan anak muda yang tergabung dalam beberapa komunitas lingkungan, Hendra Aquan dan kawan-kawan membentuk komunitas ini.

“Saat itu, kita coba mengajak kawan mahasiswa dari jejaring sosial. Ternyata respons mereka positif,” cerita Hendra, yang menjabat sebagai social media campaigner Trashi.

Sejak 2009 itulah Trashi aktif berkegiatan bersama mahasiswa dan murid SMA di Jakarta dan sekitarnya. Sebanyak 20-an tim yang aktif antara lain berasal dari Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, SMAN 32, SMKN 24 Jakarta, dan para sukarelawan.

Salah satu misi Trashi adalah mengakrabkan ruang terbuka hijau kepada generasi muda. Untuk itu, mereka memilih lokasi Sungai Ciliwung sebagai salah satu tempat berkegiatan. Di tempat ini, Trashi mengadakan program kampanye, piknik, dan nimbrung di Ciliwung. “Kita mengajak peserta untuk mengamati binatang serta membuat pameran mini yang diisi komunitas lingkungan,” ucap Hendra.

Untuk memperluas gerakannya, Trashi sedang menggarap program CD dongeng Ciliwung. Rencananya, CD akan berisi sejumlah cerita dan sejarah tentang Sungai Ciliwung. “Semoga dengan ini, para penduduk sekitar bisa semakin akrab dengan lingkungan mereka dan tergerak untuk menjaganya.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: