Berita Normalisasi Ciliwung (2)

Pekerjaan Normalisasi Kali Ciliwung Harus Tepat Mutu, Waktu Dan Biaya

Sumber: http://bbwsciliwung.pdsda.net/ 3 Desember 2013

Jakarta, (3/12), Bertempat di Gedung Sumber Daya Air dan Penataan Ruang Ditjen SDA, Jakarta, Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung CIsadane disaksikan oleh Dirjen Sumber Daya Air, Bpk. DR. Ir. Mohammad Hasan, Dipl. HE, Direktur Sungai dan Pantai Ditjen SDA, Bpk. Ir. Pitoyo Subandrio, Dipl. HE, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane, Bpk. Ir. T. Iskandar, MT dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi DKI Jakarta, Bpk. Ir. M. Rudi Siahaan melakukan penandatanganan kontrak pekerjaan Konstruksi dan Supervisi Normalisasi Kali Ciliwung, dimana pelaksanaan pekerjaan tersebut dibagi menjadi 4 (empat) paket.

Paket 1 Normalisasi Kali Ciliwung dengan nilai kontrak sebesar Rp 298 miliar dilaksanakan oleh PT. Adhi Karya – PT. Jaya Konstruksi MP, Paket 2 dengan dana sebesar Rp 298 miliar dilaksanakan oleh PT. Waskita Karya – PT. Hutama Karya, paket 3 dengan nilai kontrak sebesar Rp 288 miliar dilaksanakan oleh PT.Brantas Abipraya – PT.Nindya Karya, sementara paket 4 dengan nilai kontrak sebesar Rp 297 miliar dilaksanakan oleh PT. Basuki Rahmanta Putra-PT. Bumi Karsa.

Sedangkan pada pekerjaan Supervisi Normalisasi Kali Ciliwung paket 1 dan 2 senilai Rp. 18 milyar dilaksanakan oleh PT. Binatama Wirawredha Konsultan – PT. Tarareka Paradya – PT.Barunadri Engineering Consultant. Untuk paket supervisi 3 dan 4 dengan nilai kontrak sebesar Rp. 17 miliar dilaksanakan oleh PT. Inakko Internasional Konsulindo-PT. Mitratama Asia Pasific-PT. Brahma Seta Indonesia-PT. Multirema Harapan.

Dalam sambutannya Direktur Jenderal Sumber Daya Air, Bpk. DR. Ir. Mohamad Hasan,Dipl. HE, berharap, para kontraktor dapat segera bekerja setelah selesai penandatanganan ini agar pekerjaan Normalisasi Kali Ciliwung bisa membuat Jakarta lebih tertib dan teratur terutama dalam hal penggunaan lahan. “Ini adalah proyek strategis, jadi harus dipercepat dan harus tepat mutu, waktu dan biaya. Kemudian pekerjaan rumah selanjutnya adalah menyelesaikan Kali Krukut dan Cipinang Hulu. Kali Krukut memang tidak separah Ciliwung banjirnya, namun masalah sosial harus tetap diperhatikan,” ungkap Bpk. Dr. Ir. Mohamad Hasan, Dipl. HE.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Provinsi DKI Jakarta Bpk. Ir. M. Rudi Siahaan yang hadir dalam acara tersebut mengungkapkan, Normalisasi Kali Ciliwung merupakan pekerjaaan yang sangat strategis dengan dana yang besar, mengingat penanganan banjir harus ditangani instansi-instansi terkait, tidak hanya pemerintah pusat tetapi juga pemerintah daerah. “Saya berharap dengan adanya pekerjaan Normalisasi Kali Ciliwung ini, kita dapat membuat penanganan banjir secara permanen. Dengan waktu pelaksanaan selama 3 tahun sampai dengan tahun 2016, diharapkan dapat mengatasi permasalahan banjir yang selama ini selalu terjadi di Jakarta. Selain itu, mengenai Sodetan Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT) merupakan “obat mujarab” untuk mengendalikan banjir di Jakarta sehingga diharapkan dapat meminimalisir bencana banjir,” tandas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi DKI Jakarta.

Copyright © 2012 BBWS Ciliwung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: