Kementerian PU

PKM Pekerjaan ” Feasibility Study Waduk-Waduk Kecil di DAS Ciliwung Hulu

Sumber: http://jazzkidz.com/bbws/7 September 2010  

PKM di Kecamatan Cisarua

Pekerjaan yang disosialisasikan pada Pertemuan Konsultasi Masyarakat (PKM) mengenai Feasibility Studi Waduk-Waduk Kecil di DAS Ciliwung Hulu terkait rencana pembangunan waduk di sekitar desa tugu.

PKM tentang studi atau kajian kelayakan dari waduk-waduk kecil ini, dilaksanakan di Sekretariat Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor pada Rabu (01/09) oleh Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane dan PT. MULTIMERAH HARAPAN yang bertujuan memberikan informasi pada masyarakat tentang manfaat dan fungsi waduk.

Waduk selain berfungsi sebagai tampungan air juga merupakan salah satu bangunan air sebagai pengendali banjir, kekeringan dan sebagai resapan untuk meningkatkan ketersediaan air tanah. Waduk juga bermanfaat untuk perikanan, pariwisata, irigasi dan lain-lain sehingga keberadaan waduk tersebut sangat penting.

Kegiatan yang dihadiri oleh Wakil dari Kecamatan Cisarua, Dinas SDA Kabupaten Bogor, Ketua LPM, Kepala Desa, RT/RW dan Tokoh Masyarakat, berlangsung cukup baik.

PU Ingin Ciliwung Jadi Tempat Rekreasi

Sumber: http://www.tempo.co/  19 Juni 2012 

TEMPO.CO, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum bercita-cita merevitalisasi Sungai Ciliwung agar bersih dan bisa menjadi tempat rekreasi. Direktur Sungai dan Pantai Direktorat Kementerian PU, Pitoyo Subandrio, mengatakan tempat rekreasi ini rencananya akan diadakan di Berland sampai Pintu Air Capitol dekat Masjid Istiqlal.

“Kita turab seperti BKT-BKB. Kita buat jalur sepeda dan taman, nanti juga bisa berperahu,” kata Pitoyo ketika ditemui di sela acara peletakan batu pertama rekonstruksi Stasiun Pompa Timur di Pluit, Jakarta, Selasa, 18 Juni 2012.

Agar sungai bisa bersih dan dipakai untuk rekreasi, Pitoyo mengingatkan agar warga tak lagi membuang sampah dan kotoran ke lokasi tersebut. Terutama untuk saluran pembuangan kotoran seharusnya menggunakan septic-tank.

Pitoyo mengatakan proyek ini rencananya akan dibangun pada 2012 hingga 2014 dengan nilai proyek Rp 250 miliar. Pitoyo mengatakan pelaksanaan proyek ini masih menunggu izin multi-years contract dari Kementerian Keuangan. “Bulan ini multi years dapat izin, bulan depan tanda tangan kontrak,” kata Pitoyo.

Selain merevitalisasi Sungai Ciliwung, Kementerian Pekerjaan Umum akan menaikkan aliran debit air di Pintu Air Manggarai dan Pintu Air Karet. Masing-masing pintu air akan ditambah satu pintu untuk memperlancar debit air. “Di situ bottle neck, jadi akan ditambah satu pintu untuk memperlancar,” kata Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PU Mohammad Hasan.

Hasan mengatakan untuk Pintu Air Manggarai yang saat ini memiliki 2 pintu dengan kapasitas 350 meter kubik per detik akan menjadi 3 pintu dengan kapasitas 500 meter kubik per detik. Pintu Air Karet yang saat ini memiliki 4 pintu dengan kapasitas 500 meter kubik per detik akan menjadi 5 pintu dengan kapasitas aliran 700 meter kubik per detik.

Hasan mengatakan kedua proyek ini direncanakan mulai berjalan pada 2012 dan rampung pada 2014. Paket proyek bernilai Rp 530 miliar untuk tiga tahun ini sekarang sedang dalam masa tender sambil menunggu izin kontrak multi-years dari Kementerian Keuangan. “Ada perubahan program dari Sodetan Ciliwung ke sini. Izin mudah-mudahan keluar bulan ini,” kata Hasan.

Hasan mengatakan saat ini sudah ada 7 kontraktor yang ikut dalam tender penambahan pintu air ini.   BERNADETTE CHRISTINA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: