Wisata Ciliwung

Liburan Menyusuri Kali Ciliwung, Kenapa Tidak?

Sumber:   http://m.poskota.co.id/ 27 Juni 2011  

PEKAN ini anak-anak mulai liburan sekolah. Kemana ya berlibur yang asyik tapi juga juga murah dan bermanfaat? Jawabnya ada di Ciliwung.

Sungai yang membelah kota Jakarta ini kini bisa menjadi salah satu tujuan wisata. Sejak hari Minggu kemarin (26/6) Bang Jumari dan kawan-kawannya dari KPC (Komunitas Peduli Ciliwung) Tanjungan membuka program wisata Ciliwung, yakni dengan menyusuri Sungai Ciliwung menggunakan perahu karet bermesin.

Dengan sebuah perahu karet yang bisa dinaiki 12 anak, Bang Jumari akan membawa anak-anak menyusuri Sungai Ciliwung mulai dari dermaga KPC Tanjungan yang terletak di Jalan Sungai Ciliwung I, Condet, Jakarta Timur melawan arus kemudian menyusur searah arus sungai.

Anak-anak sekitar KPC sudah menikmati dan kegiatan ini sangat menyenangkan mereka.

Program Wisata Ciliwung ini sudah lama direncanakan dan menjadi dambaan banyak pihak. KPC Tanjungan yang mendapat bantuan perahu dari sebuah perusahaan beberapa kali sudah melakukan uji coba, dan sejak hari Minggu kemarin program Wisata Ciliwung ini resmi dilaksanakan.

Sambil menyusuri Sungai Ciliwung anak-anak akan dijelaskan sejarah Sungai Ciliwung, kisah-kisah manis ketika air sungai masih bersih dan juga kisah sedih yang mesti dijadikan pelajaran akibat meluapnya sungai ini yang mengakibatkan banjir besar dan merendam ribuan rumah yang berada di sekitar Sungai Ciliwung tahun 2006 lalu.

“Kami ingin anak-anak mendapatkan hiburan, tapi kami juga ingin menanamkan nilai-nilai agar anak cinta lingkungan,” ujar Jumari, Ketua KPC Tanjungan, sambil mengemudikan perahu motornya.

Untuk bisa menikmati wisata Ciliwung ini anak-anak cukup membayar tiket Rp 2.000 (dua ribu rupiah) saja. Selain itu anak-anak juga bisa bertanya tentang koleksi pohon yang ada di sekitar saung KPC yang asri.

Para relawan lingkungan KPC Tanjungan juga dengan senang hati menjelaskan jenis-jenis pohon yang ada, cara pembuatan kompos dan sebagainya.

Program wisata Ciliwung ini sejalan dengan program yang sedang didorong oleh Pemda DKI Jakarta yang mengupayakan Ciliwung sebagai sungai yang bersih yang bisa dijadikan area wisata bagi warga Jakarta dan sekitarnya.

Program wisata ini juga didukung oleh PPMJ (Pusat Pemberdayaan Masyarakat Jakarta, JGM (Jakarta Green Monster dan Yayasan Astra Honda Motor.

Info lebih lanjut tentang wisata ini bisa menghubungi KPC Tanjungan Jalan Ciliwung I RT 09/RW06, Condet, Jakarta Timur, telp 021-95176190 atau 0858-80554736. – (dms)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: