Glonggong Bojonggede

Kemping Tepi Ciliwung, Sambut Tahun Naga Air 

Sumber: http://transformasihijau.blogspot.com/ 23 Januari 2012 

Peserta Dari SMK 20 Berbagi Ide Pengelolaan Lingkungan Melalui Gambar

TRASHI bersama jejaring Komunitas Ciliwung mengadakan acara kemping akhir tahun Kelinci Emas pada 21 – 22 Januari 2011. Kegiatan yang dinamakan Kemping di Ciliwung ini, berlokasi di Glonggong, Bojonggede, Kabupaten Bogor. Kemping di Ciliwung merupakan kegiatan -pelatihan dan ajang berbagi pengalaman untuk teman-teman muda yang tertarik pada isu lingkungan.

Acara yang dikemas santai dan menarik ini merupakan wadah silaturahmi jejaring komunitas Ciliwung yang berada di Bogor hingga Jakarta. Tidak kurang dari 50 orang terlibat di kegiatan luar ruang ini, antara lain berasal dari SMU 32, SMK 24, SMK 20, Kelompok Pemerhati Lingkungan Angsana IPB, Uni Konservasi Fauna IPB, Komunitas Ciliwung Condet, Komunitas Ciliwung Bojonggede, Komunitas Peduli Ciliwung Bogor, Green Camp Halimun, Green Community UI, Teens Go Green, Jakarta Birdwatcher Community, Line Magic Community, serta warga desa Glonggong, Bojonggede.

Peserta Kemping di Ciliwung mendapatkan berbagai informasi terkait pengetahuan dasar tentang lingkungan langsung dari praktisinya, antara lain seperti burung, tanaman, serangga, herpetofauna, kualitas air, fotografi jurnalistik dan pengelolaan sungai. Pengetahuan dasar tentang lingkungan ini diharapkan dapat membuka cara pandang baru anak muda kota tentang pengelolaan lingkungan, langsung di alam terbuka.

Dalam kesempatan ini, peserta tidak hanya mendapatkan informasi tentang lingkungan, tapi juga permainan tradisional yang mulai ditinggalkan seperti jaga benteng. Juga ada sesi berbagi pengalaman dari tokoh masyarakat Glonggong tentang kondisi Ciliwung zaman dulu dan saat ini.

Di hari terakhir, peserta diminta untuk mempresentasikan impian mereka tentang Ciliwung yang akan dilakukan setelah mengikuti Kemping di Ciliwung. Tidak disangka, ide anak muda ini keren sekali. “Kita anak muda tentu punya akun jejaring sosial, gunakanlah itu untuk menyebarkan virus cinta lingkungan dan juga menambah jejaring pertemanan dengan lembaga atau komunitas lingkungan lain” usul Arinta seorang peserta dari SMK 20. Jika ide peserta ini bisa diwujudkan, tentunya bisa membawa sesuatu yang berbeda untuk mengajak teman-teman seusia mereka dalam usaha penyelamatan lingkungan.

Kemping di Ciliwung merupakan kegiatan pertama TRASHI di tahun Naga Air. Menyusul setelah ini, TRASHI telah menyiapkan beragam kegiatan menarik yang akan segera disebarkan ke khalayak ramai dalam rangka membangun kepedulian bersama untuk penyelamatan Ciliwung. Selamat merayakan Tahun Baru Naga Air. Selamatkan Ciliwung untuk anak cucu kita. (Hendra Aquan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: